Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Rokok memiliki kandungan senyawa yang disebut dengan nikotin. Kadungan tersebut memiliki efek buruk bagi pemakainya berupa kecanduan atau ketergantungan. Sehingga bagi seseorang khususnya pria yang telah mengkonsumsi rokok akan merasa sulit untuk lepas dari ketergantungan tersebut.

Hal ini terkadang menjadi salah satu kendala yang menyulitkan bagi kaum pria perokko untuk menjalankan ibadah puasa. Akan tetapi meskipun bersifat ketergantungan anda tidak perlu berputus asa untuk selalu berusaha. Berikut ini beberapa tips menghilangkan kebiasaan merokok saat puasa, diantaranya sebagai berikut:

  1. Niat

Orang bijak mengatakan bahwa segala sesuatu yang kita lakukan tergantung pada apa yang kita niatkan. Karena niat merupakan suatu hal yang paling utama. Hal ini juga dapat diterapkan dalam upaya anda untuk menghilangkan kebiasaan merokok saat puasa. Tanaman dalam diri anda untuk berniat dan berusaha dapat menghindari diri dari kebiasaan merokok.

  1. Perlahan tapi konsisten

Merokok dapat mengakibatkan setiap penggunanya menjadi ketergantungan dan kecanduan, sehingga kebiasaan tersebut sulit untuk dilakukan. Selain niat yang kuat anda tanaman dalam hati. Anda dapat melakukan upaya ini secara konsistem meskipun sulit. Sebagai contoh apabila sebelum bulan puasa anda mengkonsumsi ½ bungkus rokok setelah puasa anda hanya mengkonsumsi rokok sebanyak 3 batang.  Dan lakukan secara terus menerus.

  1. Tidak merokok setelah berbuka

Setelah anda berbuka puasa menyantap makanan pembuka dan kemudian makan nasi, pada umumnya pria perokok akan merokok setelah makan, sehingga dalam upaya ini anda harus menghindari rokok setelah berbuka puasa.

  1. Hindari segala hal yang memicu keinginan untuk merokok

Apabila disekeliling anda terdapat beberapa hal yang dapat memicu timbulnya rasa keinginan untuk merokok sebaiknya anda sesegera mungkin mengalihkan hasrat dan keinginan tersebut aktivitas lain. seperti mengkonsumsi cemilan setelah berbuka puasa. Selain itu anda dapat mengalihkan keinginan tersebut dengan menggigit sedotan yang memberikan kesan seakan-akan ada sedang merokok.

  1. Mengulur waktu

Pada umumnya apabila anda sedang stress atau berdiam diri maka hasrat atau keinginan untuk merokok akan muncul lebih besar. Sehingga resiko anda untuk merokok kembali juga akan lebih besar. Untuk mengatasi hal ini anda dapat melakukan upaya dengan cara mengulur-ngulur waktu. Contohnya apabila timbul keinginan untuk merokok anda menunda-nunda keinginan tersebut.

  1. Tidak membawa rokok

Karena anda seorang pria perokok maka anda akan membawa rokok dalam kegiatan apapun. Untuk mengatasi hal ini anda dapat melakukan cara dengan meninggalkan atau tidak membawa rokok di dalam kegiatan apapun. Hal ini dapat dikatakan salah satu upaya anda menghindari dari hal-hal yang memicu keinginan anda untuk merokok.

  1. Aktif berolahraga

Olahraga dikenal sebagai salah satu kegiatan yang dapat menyehatkan kondisi badan. Selain itu berolahraga juga dapat dijadikan salah satu tips untuk menghilangkan kebiasaan merokok saat puasa. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here