Cara Menghilangkan Komedo

sorotmedia.com

SehatFresh.com – Memiliki wajah yang bersih, bersinar dan mulus, tentu menjad keinginan setiap orang. Tak hanya bagi seoang wanita, tapi juga bagi seorang pria. Namun, ada kalanya wajah kita mengalami beberapa gangguan, seperti kulit wajah kering, berminyak, kusam, berjerawat, atau timbul komedo di beberapa bagian. Hal ini tentu akan sangat mengganggu bukan?

Pertama, kita akan membahas kenapa komedo bisa muncul. Komedo muncul karena sel kulit mati dan jumlah kelenjar minyak berlebih pada kulit. Selain itu, penggunaan make up yang berlebihan dapat mengiritasi kulit dan dapat menimbulkan komedo di wajah. Stres dan gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab komedi bermunculan.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan komedo agar penampilan Anda kembali menarik. Simak beberapa cara menghilangkan komedo:

  • Konsumsi air putih yang cukup. Selain dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup juga dapat menghilangkan racun dalam tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan kulit. Termasuk merawat kesehatan kulit wajah. Jadi, pastikan diri Anda mencukupi asupan air putih minimal delapan gelas per hari.
  • Menggunakan es batu. Merawat wajah dengan menggunakan es batu agar pori-pori wajah Anda mengecil. Ukuran pori-pori yang besar bisa meningkatkan jumlah kotoran masuk dan menempel di wajah. Cara merawat wajah dengan es batu ialah dengan menempelkan es batu pada bagian berkomedo selama lima sampai 10 menit, dengan melakukan hal tersebut secara rutin dapat membantu menghilangkan komedo yang ada di wajah Anda.
  • Menggunakan buah pepaya. Buah pepaya juga ternyata bermanfaat menghilangkan komedo. Caranya sangat mudah, cukup hancurkan beberapa potong buah pepaya, buat menjadi seperti bubur. Lalu oleskan pada bagian yang terdapat komedo. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini secara rutin baik pagi atau sebelum tidur, untuk mendapat hasil yang maksimal.
  • Menggunakan putih telur. Anda cukup mengambil putih telur dan taruh di mangkok. Setelah itu aduk sampai putih telur berbusa dan oleskan pada wajah yang ada komedonya. Kalau sudah, segera tutup dengan tisu atau bisa juga kapas. Tunggu sampai kering, setelah kering angkat tisu atau kapas pelan-pelan.
  • Air perasan jeruk lemon. Lemon mengandung asam alpha-hydroxy yang bagus untuk mencegah jerawat, komedo serta masalah kulit lainnya. Asam sitrat pada lemon juga membantu mengencangkan pori-pori yang berfungsi mencegah munculnya komedo. Caranya, yaitu siapkan jus lemon, campurkan dengan minyak almond dan gliserin. Campurkan ketiga bahan tersebut dan haluskan menggunakan blender. Setelah itu oleskan pada area yang berkomedo secara merata, tunggu sekitar 10 menit, lalu bilas memakai air bersih. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan noda-noda flek hitam pada wajah. Anda juga bisa membuat scrub, dengan campuran air lemon, air garam, madu, dan yoghurt. Campurkan bahan tersebut lalu gosokkan lembut di area yang terkena komedo.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY