Cara Menghilangkan Rasa Malas di Bulan Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada saat puasa tubuh anda pasti merasa lemas karena anda harus mengurangi asupan makanan yaitu tidak makan dan minum hingga waktunya berbuka. Rasa lemas tersebut berujung membuat anda malas untuk melakukan aktivitas. Biasanya rasa malas tersebut paling dirasakan saat hari awal puasa sebab tubuh anda harus beradaptasi dengan keadaan baru.

Jika anda sudah malas maka semua aktivitas yang direncanakan bisa jadi gagal. Oleh karena itu anda harus melakukan sesuatu agar rasa malas tersebut dapat hilang di bulan puasa. Berikut cara menghilangkan rasa malas di bulan puasa yang bisa anda lakukan:

  1. Jangan makan berlebihan

Rasululla SAW selalu mencontohkan kepada umatnya agar makan sebelum lapar dan berheti makan sebelum kenyang. Jadi hal itu juga berlaku saat anda makan sahur. Sebaiknya makan dalam porsi normal atau jangan berlebihan, sebab makan yang berlebihan akan berdampak pada rasa malas yang nantinya akan anda rasakan di siang hari. Jadi mulai sekarang batasi porsi makan dan konsumsi makanan yang bergizi.

  1. Melakukan aktivitas

Jangan karena malas justru anda tidak mau melakukan apa-apa. Sebaliknya justru anda seharusnya membuat jadwal anda penuh agar selalu beraktivtas dan tidak akan malas. Tapi kegiatan anda juga harus disesuaikan dengan keadaan tubuh agar nantinya tidak membuat anda sakit karena terlalu lelah. Jika anda sedang malas melakukan kegiatan di luar dan ingin di rumah saja, anda bisa melakukan aktivitas seperti membaca al-quran sehingga pahala anda di bulan puasa lebih banyak.

  1. Tidur yang cukup

Pola tidur juga dapat mempengaruhi rasa malas. Jika anda suka tidur telat di malam hari, maka pada siang hari anda akan merasa mengantuk dan malas karena tidur saat malam hari tidak cukup akibat terlalu malam. Oleh karena itu, tidur yang cukup adalah solusinya.

  1. Perhatikan asupan cairan anda saat berpuasa

Selain makan makanan yang bergizi. Asupan cairan yang cukup juga diperlukan pada saat berpuasa. Selain menghilangkan dahaga, minum air yang cukup juga akan membuat anda merasa segar sehingga tidak membuat anda merasa malas. Untuk asupan cairan saat berpuasa minimal anda harus minum air putih 8 gelas setiap harinya dibagi saat sahur dan setelah berbuka puasa.

Itulah cara yang bisa anda lakukan jika merasa malas di bulan puasa. Dengan melakukan tips di atas semoga anda bisa menjalankan ibadah bulan puasa dengan baik. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here