Cara Menghitung Usia Kehamilan atau Janin Dalam Perut

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Usia kehamilan menjadi bahan perhatian untuk setiap kehamilan yang terjadi. Tidak jarang seorang ibu tengah dalam kondisi hamil akan mendapat pertanyaan dari sekitarnya, berapa minggu/bulan sekarang? Selain itu mengatahui usia kehamilan memang sudah semestinya di ketahui para calon orang tua, karena secara tidak langsung usia kehamilan ini merupakan usia si kecil dalam perut ibu. Bahkan ini juga dapat dijadikan patokan perkembangannya di dalam rahim ibu, dan patokan perkiraan hari lahirnya. Biasanya usia kandungan diutarakan oleh bidan atau dokter saat periksa berdasarkan hasil pemeriksaan diantaranya USG. Tetapi perlu diketahui bahwa mengetahui usia kehamilan tidak hanya dapat di peroleh dengan USG, tetapi juga dengan perhitungan yang lainnya.

Menghitung usia kehamilan dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari yang paling sederhana sampai dengan paling rumit. Berikut cara-cara menghitung usia kehamilan yang dapat membantu untuk mengetahui usia dan perkembangan si kecil:

  1. Berdasar HPHT. HPHT (hari pertama haid terakhir) usia kehamilan di tetntukan berdasarkan patokan tersebut. Misalnya HPHT 10 Desember maka pada 10 Februari diperkirakan usia kandungan 10 minggu atau 2,5 bulan. Dihitung dari tanggal tersebut dengan skala minggu maupun bulan sampai dengan hari di inginkan pembaca untuk mengetahui usia kehamilan.
  1. Kalender. Saat ini telah telah banyak berkembang aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui usia kehamilan dengan mudah, hanya perlu memasukkan HPHT , akan muncul usia kehamilan dan juga hari perkiraan lahir (HPL). Tetapi dalam sistem kalender sebenarnya juga terdapat perhitungan manual yaitu dengan kalender kebidaan dengan cara penggunaan sederhana. Yaitu dengan menyesuaikan tanggal HPHT pada kalender tersebut.
  1. Tinggi Fundus Uteri. Pengukuran fundus uteri juga dapat menjadi acuan usia kehamilan, tetapi hal ini membutuhkan ketrampilan khusus. Biasanya yangmelakukan pengukuran adalah bidan atau dokter. Mengukur dengan midline mulai dari 2 jari diatas fundus uteri. Ini dapat menunjukkan usia kehamilan.
  1. USG. Langkah memeriksa usia kehamilan dengan USG saat ini masih menjadi yang paling akurat. Dilakukan dengan bantuan alat medis yang pada tampilannya kan menyertakan usia kehamilan berat dan volume janin. Bahkan saat ini inovasi 4D sudah dapat dinikmati oleh para orang tua untuk melihat kondisi si kecil didalam rahim.

Kebahagian ketika setiap waktu dapat di nikmati dengan mengetahui kondisi dan perkembangan si kecil sejak didalam kandungan. Usia kehamilan dapat memberikan gambaran perkembangan tersebut. Untuk para pasangan muda proses mengetahui dan menikmati bertambahnya usia kehamilan akan sangat berkesan dan Exited. Alasan inilah yang menjadi pertimbangan betapa pentingnya memeriksakan kandungan secara rutin dan tertib. Selain untuk pantauan kesehatan hal ini juga merupakan antisipasi dini adanya resiko gangguan kehamilan. Begitu pentingnya usia kehamilan bagi calon orang tua adalah untuk membantu berkomunikasi dengan janin sejak awal serta memahami kebiasaan yang akan muncul pada masa tertentu selama kehamilan. (WDA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here