Cara Mengobati Motilitas Sperma yang Buruk

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Motilitas buruk bukanlah harga mati. Masih ada sejumlah cara untuk mengobati motilitas yang buruk. Motilitas yang bertambah baik tentu meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

Motilitas yang buruk jangan dianggap sepele. Dalam penelitian terhadap 4.867 pria selama 14 tahun, ditemukan bahwa sekitar 15% pria memiliki kualitas sperma yang rendah sehingga mereka perlu terapi kesuburan jika ingin memiliki anak. Selain itu, sekitar 27% pria mungkin harus menunggu lama untuk memiliki bayi.

Belum diketahui apa yang menyebabkan rendahnya kualitas sperma. Tetapi, faktor lingkungan dan gaya hidup kita sangat berpengaruh dan tidak ada faktor tunggal yang menyebabkan turunnya kualitas sperma, tetapi berbagai sebab.

Untuk menjaga kualitas sperma, hal yang penting adalah memperhatikan pola makan dan kebiasaan olahraga. Kualitas sperma yang rendah bisa menjadi indikator akurat pada kesehatan keseluruhan.

Kebiasaan mengonsumsi alkohol, kegemukan dan merokok, bisa menyebabkan kualitas sperma menurun. Akan tetapi, ada juga beberapa cara alami yang dapat dicoba untuk memperbesar peluang mendapatkan seorang anak antara lain:

  • Redakan stres

Walaupun dokter belum tahu mengapa stres yang berlebihan dapat mengurangi hitungan sperma, mempraktikkan teknik-teknik meredakan stres, seperti biofeedback atau relaksasi otot progresif, bisa ada gunanya. Usahakan gairah Anda memuncak. Pria yang sangat terangsang ketika sedang bersanggama memancarkan semen lebih banyak dan menghasilkan sperma lebih kuat.

  • Konsumsi vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang membuat membran-membran sel menjadi stabil dan ini bermanfaat baik bagi sperma. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C setiap hari ternyata meningkatkan kesuburan di kalangan pria perokok. Sebaliknya, kekurangan vitamin C bisa menyebabkan sperma menggumpal. Kasus ini mencapai 16% di antara semua pria yang mandul. Buah-buahan, seperti jeruk, mangga, semangka, strawberi dan sayuran seperti brokoli, tomat dan kecambah adalah makanan yang kaya dengan vitamin C.

  • Hindari olahraga berlebihan

Orang yang berolah raga secara berlebihan bisa mengurangi hitungan sperma mereka karena suhu yang meningkat di sekitar testis selama kegiatan yang sangat mengerahkan tenaga. Dalam sebuah studi di AS, para peneliti menemukan bahwa para pelari yang berlatih lebih dari 90 kilometer per minggu mempunyai hitungan sperma lebih rendah dan sel-sel sperma kurang matang daripada pria berlari kurang dari 50 kilometer per minggu.

  • Pakai celana bokser

Walaupun mungkin tidak seefektif yang diyakini oleh sebagian orang, mengganti celana dalam ketat dengan celana bokser atau celana kolor mungkin dapat menaikkan hitungan sperma Anda. Pasalnya, testis Anda akan lebih sejuk.

  • Turunkan berat badan

Apabila Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat beberapa kilogram mungkin meningkatkan kesuburan Anda. Apabila Anda kelebihan berat badan, jaringan lemak dapat membungkus testis Anda, menaikkan temperatur di area tersebut dan membunuh sperma di dalamnya. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here