Cara Mengontrol Kolestrol Secara Alami

jogging

SehatFresh.com – Kolesterol hampir selalu diidentikkan dengan stigma negatif. Padahal, kolesterol sendiri diperlukan tubuh untuk membangun dinding sel, serta berperan dalam pembuatan hormon. Yang membuat kolesterol menjadi buruk adalah ketika kadar kolesterol yang melebihi batas normal. Kadar kolesterol berlebih dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit kronis. Pola hidup dan pola makan yang tidak sehat bisa menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah. Faktor utama yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol adalah tingginya konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat. Sudah tidak aneh lagi, sekarang ini banyak sekali makanan cepat saji yang dipilih sebagian besar orang untuk dikonsumsi di sela-sela kesibukannya. Sadar atau tidak, konsumsi makanan cepat saji bisa menyebabkan tingginya kolesterol dalam darah. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi.

Kolesterol tinggi meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung koroner, yang merupakan penyebab utama kematian tertinggi di dunia. Meskipun Anda tidak bisa mengendalikan semua faktor risiko seperti riwayat keluarga dan genetika, Anda dapat mengambil beberapa langkah-langkah untuk menurunkan risikonya. Bahkan, saat ini telah tersedia berbagai macam obat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun, perubahan gaya hidup bisa menghindarkan Anda dari efek samping dari obat penurun kolesterol yang dapat berdampak negatif terhadap hati.

Perbaiki pola makan
Percaya atau tidak, pola makan yang buruk merupakan faktor utama yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Dalam hal ini, perbaikan pola makan sangat membantu dalam menurunkan kolesterol. Untuk menurunkan kolesterol dalam darah, sebaiknya Anda mengurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti gorengan dan daging jeroan. Anda juga disarankan untuk menghindari konsumsi fast food atau junk food. Perubahan pola makan bisa membuat asupan makanan menjadi lebih terkontrol sehingga Anda menyadari apa yang baik dan tidak baik untuk kesehatan Anda.

Berolahraga secara teratur
Salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami adalah mulai untuk membiasakan olahraga secara teratur. Anda tidak perlu melakukan olahraga dengan durasi berjam-jam setiap harinya. Anda hanya perlu melakukan olahraga beberapa hari saja dalam seminggu tetapi rutin dan konsisten. Hal tersebut sudah cukup untuk memberikan perubahan pada kadar kolesterol dalam tubuh. WHO merekomendasikan olahraga sedang hingga berat minimal 30 menit per hari, seperti jogging dan bersepeda.

Berhenti merokok!
Bahan kimia tertentu yang ditemukan dalam asap rokok, yaitu akrolein, dapat merusak HDL (kolesterol baik) sehingga mengganggu tugas HDL dalam mengumpulkan LDL (kolesterol jahat). Akrolein memicu terjadinya perubahan struktur molekul LDL sehingga membuatnya menjadi tidak dikenali oleh sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh mengeluarkan sel-sel darah putih untuk menyerang LDL, sehingga menyebabkan peradangan dan kemudian menjadi terakumulasi. Akumulasi ini menyebabkan terjadinya penumpukan plak pada dinding arteri, yang pada akhirnya mengeras seiring berjalannya waktu dan menyebabkan aterosklerosis. Maka dari itu, Anda tidak bisa lagi mencari alasan untuk tidak berhenti merokok. Anda tentunya sudah tahu efek bahaya rokok lainnya bukan?

Sumber gambar : www.sugarinurine.net

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY