Cara Mengusir Rasa Kantuk di Sekolah saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Adaptasi terhadap perubahan pola tidur pada orang yang berpuasa tak selamanya lancar. Tubuh yang belum menyesuaikan irama tidur selama puasa akan cenderung menimbulkan rasa kantuk. Sensasi ini bisa terbawa saat beraktivitas di siang hari, misalnya belajar di kelas.

Rasa kantuk ini tidak hanya dipengaruhi oleh pola tidur yang mengalami perubahan, tapi juga dari faktor-faktor lainnya. Asupan dan aktivitas adalah dua dari faktor-faktor yang dimaksud.

Untuk mengatasi dan meminimalisir rasa mengantuk di siang hari saat puasa Ramadhan, ada beberapa trik yang bisa dicoba, yakni:

  • Konsumsi karbohidrat kompleks saat sahur

Beberapa makanan sumber karbohidrat kompleks bisa Anda dapatkan dari nasi merah, oatmeal, roti gandum, ubi, jagung atau singkong. Karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah menjadi gula darah sehingga sangat membantu metabolisme energi tubuh. Yang artinya, lebih lama menyimpan energi. Anda pun jadi tetap segar selalu sepanjang hari selama puasa.

  • Penuhi kebutuhan akan zat besi

Sumber zat besi bisa diperoleh dari mengonsumsi sayuran berdaun hijau, seperti bayam, sawi, kangkung, dan juga daun katuk.

  • Menjaga keseimbangan asupan gizi

Pastikan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C. Fungsinya untuk memacu efektivitas penyerapan zat besi oleh tubuh. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari mengonsumsi buah kiwi, jambu biji, pepaya, jeruk, mangga, atau bisa juga dari nanas.

  • Perbanyak minum air putih

Minum sedikitnya delapan gelas air putih selama jeda buka puasa hingga sahur cukup untuk membantu mencegah tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi sehingga tubuh tetap segar selama menjalankan ibadah puasa.

  • Tidur lebih awal

Dianjurkan untuk memulai tidur lebih awal saat malam. Usai menjalankan ibadah malam tidurlah tepat pada pukul 10 malam. Kemudian kembali bangun di waktu sahur untuk kembali melanjutkan ibadah.

  • Jangan makan sahur terlalu kenyang

Makan terlalu banyak saat sahur bisa menyebabkan Anda mengantuk di siang hari. Lambung Anda butuh waktu untuk memproses makanan yang masuk ke dalamnya. Jika terlalu banyak makanan yang masuk, maka lambung akan bekerja terlalu berat dan lambat. Hal tersebut dapat mengakibatkan kondisi mengantuk.

  • Tidak tidur lagi setelah shalat subuh

Tidur lagi setelah salat Subuh merupakan godaan yang berat bagi orang yang sedang puasa di bulan Ramadan. Apalagi dalam kondisi perut kenyang, rasa ngantuk biasanya mudah datang. Tidur lagi setelah sholat subuh membuat Anda sulit bangun kembali. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti joging atau jalan santai setelah Subuh agar tidak tergoda untuk tidur. Olahraga ringan bisa meningkatkan energi tubuh supaya tak lagi mengantuk. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here