Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat remaja, tahu kah Anda jika merawat mata sangat lah penting bagi masa depan? Ya, mata adalah aset yang dapat membawa kita untuk menyelami setiap petualangan yang ada di dunia ini. Khususnya bagi para remaja, tentunya kesehatan mata perlu diupayakan dengan baik agar tetap terjaga sampai di hari tua.

Tujuan menjaga kesehatan mata sedari remaja ialah untuk memastikan fungsi mata meski sudah semakin tua. Penyakit mata diantara lain seperti presbiopi, miopi, hipermitropi, dan lainnya.

Kiat Menjaga Kesehatan Mata Pada Remaja

  • Jaga jarak saat berhadapan dengan layar komputer atau laptop. Remaja biasanya berjibaku di depan layar untuk mengerjakan tugas, bermain games, dan menonton video, pada waktu yang berjam-jam.
  • Perbanyak vitamin A. Konsumsi lah buah atau sayur yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel. Vitamin A dapat memaksimalkan kesehatan penglihatan.
  • Istirahatkan mata. Istirahat kan mata jika sudah mulai terasa capai setelah intensitas cahaya laptop.
  • Atur pencahayaan yang baik. Saat beraktivitas seperti membaca buku, bermain handphone, dan bekerja di depan komputer, pastikan cahayanya sesuai dan tidak menyilaukan mata. Sebaliknya jangan terlalu redup juga.
  • Hindari menekan mata secara berlebihan. Terlalu sering menekan mata di usia remaja justru akan mengakibatkan mata silindris.
  • Olahraga mata. Olaharagakan mata secara rutun dengan cara memutar bola mata dalam hitungan 2 kali delapan secara bergantian.
  • Hindari dari sengatan UV secara berlebihan. Pakai lah kacamata saat berada di luar rumah agar dapat melindungi diri dari teriknya UV, polusi dan debu dapat masuk ke mata.
  • Hindari menggosok mata secara berlebihan. Jangan menggosok mata denga tangan kotor.
  • Rutin melakukan pemeriksaan mata. Periksalah mata dengan rutin agar terhindar dari berbagai penyakit mata.
  • Hindari kebiasaan hidup kurang sehat. Jangan sering minum minuman beralkohol, obat terlarang, dan merokok. Sebab dengan mengkonsumsi alkohol, obat-obatan terlarang, dan merokok dapat merusak syaraf mata.
  • Diet seimbang. Diet seimbang diartikan sebagai program diet yang mengkonsumi makanan bergizi. Jangan sampai memilih keseimbangan vitamin A, C, dan E.

Menjaga kesehatan mata merupakan salah satu organ yang vital bagi manusia. Bahkan sebagian besar dari informasi di dunia ini dapat ditangkap melalui panca indera atau mata. Proses pemanjangan bola mata dari anak-anak sampai masa remaja ialah hal yang ilmiah. Sehingga pada saat remaja ini jangan sampai otot mata mengalami kerusakan. Kesehatan mata di usia remaja akan berdampak pada usia tua. Usia tua saja biasanya juga mengalami rabun dekat, apalagi jika ditambah dari penyakit rabun jauh sejak remaja. Hal ini justru akan menambah permasalahan bagi penglihatan di usia tua. (MLS).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here