Cara Menjaga Kesehatan Mata

SehatFresh.com – Melihat keindahan dunia tidak akan sempurna bila kita tidak memiliki mata yang sehat. Hampir semua aktivitas yang kita lakukan sehari-hari membutuhkan peranan mata. Mengingat pentingnya peran mata untuk menunjang kehidupan, maka sangat penting untuk menjaga dan melindungi mata Anda.

Nutrisi. Perlindungan mata dimulai dengan memerhatikan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Wortel, dan ketela rambat (ubi jalar) adalah termasuk sayuran yang berwarna orange yang sangat tinggi kandungan beta-karoten yang bermanfaat membantu melindungi mata. Di dalam tubuh, beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A. Di dalam retina, vitamin A akan di konversi menjadi protein penting untuk persepsi cahaya.

Selain vitamin A, penelitian menunjukkan bahwa nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, zinc, dan vitamin C dan E dapat membantu menangkal masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia, seperti degenerasi makula dan katarak. Selain wortel, makanan lainnya yang dapat membantu menjaga kesehatan mata sayuran berdaun berwarna hijau, seperti bayam, kangkung, dan sawi, jeruk, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan buncis.

Tidak merokok. Konsumsi makanan sehat perlu diimbangi dengan kebiasaan yang sehat pula, salah satunya dengan tidak merokok. Merokok telah dikaitkan dengan peningkatan risiko katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula. Senyawa kimia pada rokok berpotensi merusak pembuluh darah di dalam mata, mengganggu produksi air mata dan merusak kornea. Ketika Anda merokok, maka Anda secara serius meningkatkan risiko kerusakan pada mata seiring dengan pertambahan usia.

Pakai kacamata hitam. Perlindungan terhadap sinar ultraviolet (UV) tidak hanya dibutuhkan kulit saja. Mata juga memerlukan perlindungan terhadap paparan sinar UV. Agar tidak terkena iritasi, pakailah kacamata hitam yang tepat untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet matahari (UV) setiap kali menghabiskan waktu di bawah paparan sinar matahari. Pilihlah kacamata dengan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekedar lensa yang gelap.

Gunakan kacamata pelindung ketika bekerja atau berolahraga. Jika Anda bekerja dengan bahan-bahan berbahaya atau bahan yang mudah terbang ke udara, baik itu di tempat kerja ataupun di rumah, maka pakailah kacamata keselamatan atau kacamata pelindung untuk melindungi mata dari cedera.

Jaga jarak mata ketika menggunakan komputer. Terlalu lama menatap layar komputer bisa mengarah pada computer vision syndrome (CVS) CVS terjadi karena otot-otot mata menjadi tegang dan lelah akibat terlalu lama memandang layar komputer. Gejalanya ditandai dengan ketegangan mata, penglihatan kabur, kesulitan untuk fokusk jarak jauh, mata kering, bahkan sakit kepala.

Ketika bekerja di depan komputer, hal yang perlu diperhatikan adalah :

  • Jaga jarak layar komputer Anda pada 51cm-61cm dari mata Anda.
  • Sesuaikan cahaya lampu untuk meminimalisasi silau.
  • Sering berkedip guna mencegah mata kering.
  • Istirahatkan mata dengan melihat objek jauh selama 20 detik setiap 20 menit. Setiap dua jam, ambil istirahat 15 menit.

Periksa mata secara teratur. Semua orang bahkan anak-anak harus memeriksakan kesehatan matanya secara teratur. Ini sangat penting untuk kesehatan mata yang baik serta kesehatan secara keseluruhan. Pemeriksaan mata secara teratur dan komprehensif dapat membantu memastikan bahwa mata melihat tetap dalam kondisi baik. Seiring pertambahan usia, risiko pengembangan beberapa penyakit mata seperti glaukoma meningkat. Dengan melakukan pemeriksaan mata secara teratur, Anda dapat mengetahui masalah mata lebih awal sehinggga tingkat keberhasilan pengobatan pun akan lebih tinggi.

Anjuran dari American Academy of Ophthalmology mengenai frekuensi pemeriksaan mata adalah :

  • Di bawah 3 tahun, setiap menemui dokter anak
  • Usia 3–19 tahun, setiap 1 sampai 2 tahun sekali
  • Usia 20–29 tahun, minimal 1 kali selama periode tersebut
  • Usia 30–39 tahun, minimal 2 kali selama periode tersebut
  • Usia 40–64 tahun, setiap 2 sampai 4 tahun sekali

Di atas 65 tahun, setiap 1 sampai 2 tahun sekali

Sumber gambar : tradisioanal-obat.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY