Cara Menjaga Kolesterol Tetap Terkontrol

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kolesterol pada dasarnya merupakan zat lemak yang baik bagi tubuh karena membantu menyediakan energi bagi sel-sel tubuh. Namun, akan menjadi bahaya saat kadarnya tak terkontrol atau terlalu tinggi di dalam tubuh anda sehingga menyebabkan beberapa penyakit bahaya seperti jantung dan stroke.

Untuk tetap sehat dan kolestrol dalam kadar normal, anda perlu melakukan kiat-kiat atau hal-hal yang dapat membantu untuk menjaga kolesterol tetap terkontrol. Untuk itu, berikut ada beberapa cara menjaga kolesterol terkontrol:

  1. Konsumsi makanan sehat

Kolesterol diproduksi dari makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Jadi agar kolesterol terkontrol maka hal yang terpenting adalah selalu makan makanan yang sehat. Yang dimaksud makanan sehat adalah dengan menghindari atau mengurangi makanan dengan kandungan lemak jenuh seperti daging berlemak, kuning telur, gorengan dan makanan jenis lemak jenuh lainnya.

  1. Konsumsi makanan yang berserat

Selain mengurangi makanan dengan kandungan lemak jenuh. Anda juga perlu memastikan mengonsumsi makanan yang berserat seperti biji-bijian, buah dan gandum dimana makanan tersebut baik untuk kesehatan.

  1. Makan ikan

Cara menjaga kolesterol yang satu ini dapat menjadi solusi anda karena tak boleh makan daging maka bisa makan ikan. Ternyata ikan juga lebih baik dari daging jadi baik untuk kesehatan tubuh anda. Jika anda secara rutin mengonsumsi ikan dua kali seminggu maka dapat membantu menerunkan risiko terkena penyakit jantung.

  1. Berhenti merokok

Merokok merupakan penyebab populer dari banyak penyakit berbahaya. Salah satunya juga dapat memperburuk kadar kolesterol anda karena rokok dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Oleh karena itu sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan merokok.

  1. Jangan minum alkohol

Kebiasaan buruk lainnya yang perlu anda hindari agar kolesterol tetap terjaga adalah jangan minum alkohol karena banyak minum alkohol maka semakin banyak juga tubuh anda menyimpan lemak.

  1. Makan sayur bayam

Bayam merupakan sayuran yang mengandung 13 senyawa flavonoid yang baik untuk tubuh yang juga berperan dalam mengurangi kadar kolesterol. Saat kolesterol naik, bayam bisa anda jadikan altenatif untuk mengembalikan kolesterol menjadi normal kembali.

  1. Olahraga

Cara paling terkenal dan banyak diketahui orang untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk mengontrol kadar kolesterol adalah berolahraga. Untuk mengontrol kolesterol para ahli menyatakan, untuk berolahraga selama 40 sampai 60 menit per hari, cara itu akan membantu mengurangi kolesterol jahat sekitar 5-10 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 3-6 persen. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here