Cara Merawat Gigi Anak Masih Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pertumbuhan gigi pada bayi terjadi di sekitar usia enam bulan dan kadang-kadang juga pada usia sembilan bulan. Pertumbuhan setiap bayi berbeda-beda dan gigi pun begitu. Sebelum gigi pertama bayi Anda tumbuh, penting untuk merawat gusi terlebih dahulu.

Membersihkan gusi akan menghilangkan bakteri dari gusi bayi. Bakteri sering mengakibatkan plak. Plak dapat merusak gigi bayi Anda saat mulai tumbuh nantinya. Berikut langkah untuk membersihkan gusi bayi Anda:

  1. Ambil saputangan yang lembut atau kain lap bersih dan basahi dengan air masak.
  2. Bungkuskan lap tersebut di jari telunjuk Anda.
  3. Usaplah dengan lembut gusi bayi Anda, setidaknya dua kali sehari (pastikan Anda tidak menekan terlalu keras).
  4. Anda bisa juga membeli sikat gigi bayi yang terbuat dari bahan karet yang lembut.
  5. Lakukan ini setelah waktu makan dan sebelum tidur.
  6. Ini akan membantu membiasakan bayi Anda terhadap rutinitas membersihkan gigi.

Berikut cara merawat gigi bayi Anda:

  1. Menyikat gigi bayi

Sebaiknya menyikat gigi pada bayi segera Anda lakukan segera setelah gigi pertama bayi Anda tumbuh. Gigi pertama bayi umumnya akan mulai tumbuh saat bayi tersebut berusia enam hingga 18 bulan. Gigi-gigi bayi tersebut akan tumbuh hingga berjumlah total 20 buah gigi susu, yang membutuhkan waktu kira-kira hingga bayi Anda berusia 2,5 tahun. Sikat dua kali sehari. Sikat di pagi hari dan tepat sebelum tidur. Gigi bayi yang baru tumbuh juga sebaiknya Anda sikat dengan lembut dengan gerakan memutar, agar semua bagian gigi bayi dapat diraih oleh sikat gigi.

  1. Memilih sikat gigi

Gunakan sikat gigi bayi dengan kepala kecil dan pegangan yang cocok untuk tangan Anda. Ganti sikat gigi bayi segera setelah bulu mulai terlihat luntur atau terentang.

  1. Memilih pasta gigi yang tepat
  • Jika bayi Anda memiliki kebiasaan suka menelan pasta gigi, cobalah mengganti merk pasta gigi dan perhatikan apakah bayi Anda masih suka menelannya. Pilihlah pasta gigi dengan kandungan fluoride 550ppm atau kurang.
  • Jika bayi Anda berusia di bawah tiga tahun, Anda harus menyikat gigi menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride yang rendah. Yaitu sekitar 1000ppm (part per million) fluoride.
  • Fluoride merupakan konstituen aktif pada pasta gigi yang mencegah kerusakan gigi. Kelebihan fluoride dapat berbahayabagi bayi.

Ada beberapa poin penting lainnya yang perlu diingat untuk melindungi gigi bayi Anda dari pembusukan dan kerusakan, diantaranya yaitu:

  1. Berikan menu yang sehat dan seimbang untuk bayi Anda dan hindari makanan olahan dan kemasan seperti mie instan, pasta dan cokelat.
  2. Hindari memberi makan bayi Anda dengan makanan manis, terutama makanan yang mengandung zat-zat pemanis buatan. Makanan manis harus dibatasi tidak lebih dari empat kali per-hari.
  3. Cobalah untuk menanamkan kebiasaan minum dengan menggunakan gelas kecil saat bayi Anda menginjak usia 6 bulan dan hindari sama sekali membiasakan bayi minum dari botol ketika ia sudah memasuki usia 1 tahun.
  4. Susu kemasan umumnya menyebabkan kerusakan gigi. Pilihlah ASI sebagai susu terbaik. (KKM).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here