Cara Merawat Kecantikan saat Malam Hari untuk Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika memasuki masa puber umumnya para remaja mempunyai masalah pada kulit. Misalnya saja timbul jerawat, munculnya komedo, hingga kulit berminyak. Guna meminimalisir masalah tersebut remaja dianjurkan untuk melakukan perawatan kecantikan, khususnya di malam hari.

Mengapa remaja harus merawat kecantikan sebelum tidur?

Merawat kecantikan kulit dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, tentu saja tidak terlalu memberikan efek samping. Namun banyak di antara remaja yang kurang memahami, hingga akhirnya mencoba produk-produk kosmetik. Padahal bagi kulit remaja yang masih sensitif, tidak boleh sembarangan dalam memilih produk kosmetik yang berbahan kimia.

Di satu sisi melakukan perawatan wajah sebelum tidur mempunyai manfaat cukup besar bagi remaja. Kegiatan tersebut harus dilakukan karena ketika malam kulit menjalani regenerasi atau pergantian sel yang mati untuk diganti dengan yang baru.

Hanya saja remaja tidak boleh asal pilih krim malam sebagai pembersih. Para ahli justru menyarankan para remaja untuk melakukan perawatan malam secara alami. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara untuk merawat kecantikan di malam hari secara alami.

Membersihkan wajah dari sisa-sisa make up atau kotoran di malam hari

Setelah beraktivitas seharian, pasti akan banyak kotoran yang menempel di wajah. Jika remaja tidak rajin membersihkannya, maka kotoran atau sisa make up akan menyumbat pori–pori. Dampak buruknya mengakibatkan kantung wajah mengalami peradangan.

Remaja dapat mencuci muka menggunakan air hangat, kemudian dilanjutkan dengan bilasan air dingin. Tujuan memakai air dengan suhu berbeda guna mengecilkan pori–pori, menghilangkan jerawat dan komedo. Penggunaan sabun untuk membersihkan wajah perlu mendapat perhatian khusus.

Fungsi lain dengan mencuci muka adalah dapat membantu dalam menghadirkan tidur malam yang berkualitas. Selain itu wajah ketika bangun pagi juga akan terlihat lebih cerah. Meski mudah dilakukan, namun banyak remaja yang merasa malas melakukan hal tersebut.

Mengonsumsi air putih dapat membantu menyegarkan kulit

Tidak banyak yang tahu bahwa kulit terdiri dari sel-sel yang memerlukan air agar mampu bekerja melindungi tubuh. Banyak manfaat air bagi kulit seperti menjaga kelembaban tubuh, membantu suplai nutrisi, mencerahkan kulit, hingga menjaga elastisitas kulit. Alhasil banyak mengonsumsi air akan membuat kulit lebih awet muda, sehingga terhindar dari keriput.

Menggunakan masker wajah di malam hari

Menggunakan masker wajah dapat membantu dalam memberikan nutrisi pada wajah. Remaja bisa membuat sendiri masker dari buah–buahan, sehingga lebih aman digunakan. Contohnya masker yang berbahan dari buah bengkoang.

Seperti yang diketahui jika bengkoang memiliki berbagai kandungan yang bagus untuk kecantikan kulit. Misalnya saja pachyrhizon, rotenone, vitamin B1 dan vitamin C. Dengan memanfaatkan bengkoang sebagai masker di malam hari, setidaknya dapat membantu dalam menjaga kecantikan kulit wajah. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY