Cara Merawat Luka

SehatFresh.com – Apakah karena cedera, operasi, atau masalah kulit seperti jerawat, semua orang pasti memiliki bekas luka. Bekas luka mungkin datar atau menonjol, dan apa yang Anda lakukan untuk penyembuhan luka akan membuat perbedaan besar bagaimana bekas luka terlihat.

Bekas luka yang terlihat pada permukaan kulit merupakan hasil dari proses kulit yang kompleks dalam memulihkan kerusakan. Ada banyak faktor yang memengaruhi penyembuhan luka dan cara menyembuhkan luka memengaruhi bagaimana bekas luka akan terlihat jangka panjang. Penyembuhan luka bervariasi dari orang ke orang, tetapi ini juga bergantung pada bagaimana Anda merawat luka sebelum bekas luka terbentuk.

Kulit melewati tiga tahap perbaikan sebelum membentuk bekas luka. Pada tahap pertama, ada pembengkakan, kemerahan, dan nyeri atau sakit saat koreng mulai terbentuk. Selama tahap berikutnya, jaringan kulit baru terbentuk di bawah koreng. Pada tahap akhir, terjadi pembentukan kembali lapisan luar dan dalam kulit. Apa yang dilakukan selama hari-hari pertama setelah mendapatkan luka dan apa yang dilakukan setelah koreng terbentuk akan memengaruhi penampilan bekas luka akhir. Dalam merawat luka, perhatikan tiga hal berikut :

  • Bersihkan luka: Bersihkanluka denganair dingin, kemudianangkatkerikilatauserpihandengan pinsetsteril. Cuci areadi sekitarluka dengansabun ringan dankain lap. Penggunaan sabunyang keras, hidrogen peroksida, yodium, dan alkoholtidak baikuntuk membersihkanluka ringan. Bahkan, zat inidapat memperlambat penyembuhan.
  • Tutup luka: Menutup luka dengan perban dapat menghalangibakteri, kotoran, daniritasilainnya agar tidak infeksi. Ini juga membantumenjagaluka tetap lembabselama beberapa haripertama, guna mempercepat penyembuhan. Andadapat menggunakankrim antibiotikatausalepuntuk membantu menjagalukatetapbersih danlembab. Menjagaluka tetaptertutupdan lembabmembantumengurangi munculnyabekas luka.
  • Janganmengelupas koreng: Tepat setelahkulit terluka, tubuh memulaipenyembuhanluka. Sel darah putihmenyerangbakteripenyebab infeksi. Sel darah merah, fibrin, danplateletmembuatgumpalandi atas luka. Dandalam waktu singkat, terbentuklahkoreng. Jika Andamengelupaskoreng dengan tangan, ini hanya akan membuka jalan masuk untuk bakteri dan membuat luka semakin luas.

Dalam beberapa kasus, perhatian khusus diperlukan untuk menyembuhkan luka dengan baik dan mencegah atau mengurangi jaringan parut. Segera ke dokter jika :

  • Pendarahanberat dantidak berhentisetelahlima sampai10menitdaritekanan langsung
  • Lebih dalam dari 1/2inci
  • Terletak di dekatmataataudi wajah
  • Kotor ataudisebabkanoleh bendakotor atauberkarat
  • Luka karena hewan atau gigitan manusia

Sangat menyakitkan atau menunjukkan tanda-tanda infeksi, seperti nyeri di sekitarnya, cairan kuning atau hijau, kemerahan, bengkak, demam, menggigil, nyeri tubuh, atau pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak, leher, atau selangkangan.

Sumber gambar : lukagangren.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY