Cara Merawat Saluran Akar pada Gigi Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pemabaca setia, terkait untuk tumbuh kembang anak, tentunya sebagai orangtua perlu mengupayakan yang terbaik bukan? Jika ia, salah satunya ialah dalam merawat saluran akar pada anak Anda. Mungkin kah saluran akar pada gigi susu dapat dirawat? Tentu, hal ini untuk menjaga kesehatan gigi pada anak.

Bagaimana Perawatan Saluran Akar (PSA)?

Perawatan saluran akar ialah perawatan yang dilakukan dengan mengangkat jaringan pulpa yang telah terinfeksi dari kamar pulpa dan saluran akar, kemudian diisi padat oleh pengisi saluran akar. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari adanya kelainan lebih lanjut atau infeski ulang.

Secara umum perawatan saluran akar dilakukan dengan cara diagnosis, isolasi, akses di korona, preparasi kanal akar, sterilisasi, dan pengisian kanal akar. Perawatan saluran akar dilakukan untuk mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rahang sehingga lengkung pipi akan tetap baik. Perawatan ini membutuhkan beberapa kali kunjungan untuk menghasilkan yang terbaik.

  • Tahap 1

Pengeburan pada mahkota gigi untuk mendapatkan jalan masuk ke kamar pulpa. Tambalan dan jaringan yang telah rusak di gigi (karies) dibuang.

  • Tahap 2

Pengeluaran pulpa dari kamar pulpa dan saluran akar. Instrument kecil yang disebut “file” digunakan untuk membersihkan saluran akar. Gigi ditutup dengan cara ditambal sementara waktu untuk melindungi kamar pulpa dan saluran akar agar tetap bersih.

  • Tahap 3

Pengisian saluran akar dengan cara membuat kedap dengan cara memasukkan bahan yang berfungsi untuk mencegah bakteri masuk. Pada saat tahap ini kamar pulpa sampai pada permukaan mahkota gigi ditutup dengan tambalan sementara.

  • Tahap 4

Tambalan sementara yang sudah menutup tadi dibongkar dan diganti dengan tambalan tetap dengan membuat crown (sarung gigi).

  • Tahap 5

Saluran akar, tambalan tetap (crown) dievaluasi untuk melihat ada atau tidaknya permasalahan.

Bahan yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan saluran akar adalah bahan semipadat, bahan padat seperti metal (Ag, Au, Ti), dan Gutaperca. Setelah selesai melakukan perawatan saluran akar pada anak maka gigi akan tersuplai nutrisinya oleh tulang dan gusi di sekitarnya.

Keuntungan Perawatan Saluran Akar (PSA)

  • Tidak membutuhkan waktu lama, hanya membutuhkan 1-2 kali kunjungan.
  • Pengambilan pulpa hanya pada bagian korona saja.
  • Terhindar dari iritasi instrument atau obat-obatan pada jaringan periapikal.
  • Apabila terjadi kegagalan pada perawatan ini dapat dilakukan lagi perawatan yang disebut pulpektomi.

Tujuan perawatan saluran akar pada anak mirip dengan pasien dewasa yaitu untuk mencoba meringankan rasa sakit dan mengontrol sepsis dari pulpa dan jaringan periapikal. Sehingga mengembalikan keadaan gigi yang sakit agar dapat diterima secara biologis oleh jaringan yang ada di sekitarnya. (MLS).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here