Cara Merawat Wajah Kering dan Berminyak

SehatFresh.com – Setiap orang terlahir dengan jenis kulit yang berbeda beda. Dari kulit kering, kulit berminyak, kulit normal, dan kulit kombinasi. Dari beragam perbedaan jenis kulit ini, maka setiap orang memiliki masalah kulit yang berbeda pula. Area kulit yang biasanya lebih rentan mengalami masalah adalah kulit bagian wajah. Mulai dari produksi minyak berlebih, kulit terlalu kering, warna kulit yang tidak merata, kulit kusam, komedo, hingga jerawat.

Bagi setiap orang, penampilan wajah merupakan hal penting. Maka tak heran jika banyak orang yang berusaha melakukan banyak perawatan demi mendapat hasil yang maksimal pada penampilan wajah mereka. Setiap usaha yang mereka lakukan cukup beragam. Mulai dari yang mudah dan bisa dilakukan di rumah, hingga perawatan yang menghabiskan dana cukup fantastis. Bahkan, ada pula yang rela melakukan operasi pelastik demi mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Salah satu perawatan yang bisa dilakukan di rumah ialah mengaplikasikan masker yang di buat dari bahan-bahan alami. Pengaplikasian masker ini akan terlihat manfaatnya jika digunakan secara teratur. Selain lebih murah, pembuatan masker alami dan pengaplikasiannya bisa dilakukan di rumah. Berikut ini ada beberapa masker alami yang bisa Anda buat di rumah.

  • Masker Mentimun

Masker alami yang satu ini bisa dibilang sangat bersahabat dengan kantong, karena bahan yang dibutuhkan hanya mentimun, daun mint, dan air. Cara membuatnya hanya dengan memblender mentimun dan beberapa daun mint, campurkan dengan sedikit air. Masker ini lebih cocok untuk jenis kulit berminyak.

  • Masker Tomat

Buah yang satu ini biasanya lebih sering digunakan untuk bumbu sebuah masakan. Namun, jangan salah, nutrisi yang dikandung buah ini bisa digunakan untuk merawat kulit wajah kita. Cara membuatnya tak kalah mudah dengan masker mentimun. Cukup haluskan tomat dan campur dengan air jeruk lemon. Aplikasikan di kulit wajah, tunggu hingga beberaoa menit, lalu bilas dengan air bersih. Masker ini berguna untuk merawat kulit kering dan berminyak.

  • Masker strawbery

Masker dari buah yang memiliki rasa asam ini tak hanya berfungsi untuk merawat kesehatan kulit wajah, tapi juga untuk kesehatan tubuh. Hanya dengan menghaluskan beberapa buah strawbery dan mengaplikasikannya ke kulit Anda.

Selain mengaplikasikan masker untuk perawatan wajah, Anda juga bisa menggunakan beberapa cara lain. Seperti mengaplikasikan pelembab ke wajah Anda. Pelembab mampu membantu kulit Anda untuk tetap lembab dan tidak kering. Anda juga bisa menggunakan Sunblock ketika Anda berada di luar ruangan, terlebih jika cuaca sedang sangat terik. Penggunaan krim yang satu ini bisa melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari dan tidak membuatnya menjadi lebih kering. Jangan sering menyentuh wajah dengan tangan kotor, jangan pula memijat wajah Anda dengan tangan kotor. Hal ini dapat menyebabkan ukuran pori-pori membesar, sehinga kelenjar minyak akan mengeluarkan minyak lebih banyak dan memperburuk keadaan kulit Anda.

Di samping perawatan-perawatan dari luar yang Anda lakukan, Anda juga harus menyeimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur , buah-buahan, susu, telur, dan lain-lain. Perbanyak konsumsi air putih dan jangan lupa olahraga yang teratur. Dengan mengonsumsi makanan sehat, pastikan Anda mencukupi asupan cairan dengan banyak meminum air putih, dan olahraga teratur, kesehatan, dan kelembaban kulit Anda pasti akan lebih terjaga.

Sumber gambar : gshop-wanita-cantik-indonesia.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY