Cara Meredakan Batuk Kering Secara Alami

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Batuk kering merupakan batuk yang tidak menghasilkan lendir atau dahak. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seorang mengalami batuk kering, mulai dari alergi, flu, merokok, polusi, terpapar debu, hingga gangguan medis tertentu, misalnya naiknya asam lambung, asma dan sinusitis.

Batuk kering yang berlangsung lama dapat berdampak serius terhadap kehidupan dan aktivitas sehari-hari. Parahnya lagi, batuk kering yang suka terjadi di malam hari bisa menyebabkan penderitanya kurang tidur dan penyebab badan jadi cepat lelah keesokan harinya.

Lantas, bagaimana cara untuk mengobati orang tersebut? Ada banyak cara untuk setidaknya meredakan batuk kering. Bahan-bahan alami untuk meredakannya relatif mudah ditemui di pasaran, seperti dibawah ini:

  • Air putih

Air putih bisa menjadi salah satu penanganan batuk kering yang paling sederhana. Air putih diperlukan tubuh ketika udara sedang kering untuk menjaga tenggorokan agar tetap lembap. Oleh karena itu, mulailah cukupi asupan cairan Anda dengan mengonsumsi minimal delapan gelas air putih setiap harinya.

  • Jahe

Jika Anda menderita batuk kering, Anda bisa mencoba ramuan jahe. Potong jahe tipis-tipis dan kemudian haluskan. Rebus jahe dalam air selama satu jam. Tambahkan sedikit gula untuk meningkatkan rasa dan minum ramuan ini dua kali sehari.

  • Madu dan susu

Cukup hanya dengan satu sendok teh madu dan satu gelas susu yang masih panas dipercaya mampu mengobati batuk kering. Tenggorokan yang teriritasi akan terasa gatal sehingga membuat Anda ingin batuk. Dengan mengonsumsi madu dan susu dapat membantu mengurangi iritasi tenggorokan. Bila Anda terserang batuk kering, minumlah kedua bahan tersebut secara bersamaan sebelum tidur.

  • Almond

Rendam segenggam almond semalaman dan kupas kulit almond di pagi hari. Kemudian, tumbuk sampai halus dan campurkan dengan satu sendok madu. Anda bisa mengonsumsinya dua kali sehari.

  • Lemon

Campurkan satu sendok makan air lemon dengan satu sendok teh madu dan minum berkali-kali sehari untuk meredakan batuk. Lemon mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Kunyit dan lada hitam

Rebus setengah cangkir air dan tambahkan satu sendok teh kunyit, satu sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok teh bubuk lada hitam. Campur semua bahan dan minum ramuan ini tiga kali sehari untuk meredakan batuk.

  • Makanan yang mengandung probiotik

Salah satu penyebab batuk kering bisa disebabkan karena kurang berfungsinya sistem kekebalan tubuh dengan baik. Maka, untuk mendukung kinerja sistem kekebalan tubuh, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Meski probiotik tidak bekerja secara langsung meredakan batuk kering, tapi mikroorganisme di dalam probiotik mampu menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh. Anda pun bisa mencoba makanan yang mengandung probiotik, seperti tempe, keju dan yoghurt. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here