Cara Mudah Mencerahkan Kuku Kuning

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kuku kerap kurang diperhatikan oleh orang. Padahal, tidak sedikit yang menderita masalah kuku kuning. Bagi wanita, tentu hal ini bisa mengganggu penampilannya meski tidak terlalu mencolok.

Kuku yang berwarna kekuning-kuningan biasanya muncul karena terlalu sering menggunakan cat kuku. Penyebab lain dari perubahan warna kuku bisa karena infeksi jamur, penyakit hati kronis, kecanduan rokok, dan kebiasaan gaya hidup yang buruk.

Tapi Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa bahan alami untuk mencerahkan kuku kuning, seperti di bawah ini:

  • Lemon

Lemon adalah agen pemutihan alami dan efektif yang dapat membersihkan noda kuning dari kuku Anda. Isilah setengah mangkuk dengan jus lemon segar. Rendam kuku Anda yang bernoda di dalamnya selama 10 sampai 15 menit. Kemudian, gunakan sikat gigi yang lembut untuk menggosok warna kuning dari kuku Anda. Lalu, bilas tangan Anda dengan air hangat dan kemudian gunakan lotion untuk melembabkan kuku Anda.

  • Rendaman air sabun

Anda juga bisa menambahkan perasan lemon dalam semangkuk air sabun dan rendam kuku di dalamnya selama 4–7 menit. Hal ini akan membuat kuku menjadi sedikit kering. Oleh karena itu, usapkan lotion pada kuku yang telah direndam tadi agar terlihat sehat.

  • Baking soda

Buatlah campuran kental dari baking soda dan air. Lalu, lapisi kuku dengan bahan tersebut. Diamkan selama 30 menit sampai satu jam. Baking soda merupakan pemutih natural untuk mengembalikan warna asli kuku.

  • Pasta gigi

Selain dapat memutihkan gigi, pasta gigi juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda kuning pada kuku. Untuk noda ringan, Anda dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan-bahan whitening, termasuk hidrogen peroksida.

  • Cuka sari apel

Malat dan asam asetat dalam cuka sari apel akan membantu mengurangi perubahan warna pada kuku. Bahan ini juga memiliki sifat antijamur yang akan membantu mengobati segala jenis infeksi kuku yang menyebabkan perubahan warna.

  • Kulit jeruk

Jumlah tinggi vitamin C yang hadir dalam kulit jeruk akan membantu menghilangkan noda kuning dari kuku Anda. Gosoklah kuku Anda dengan kulit jeruk segar dua atau tiga kali sehari. Dalam beberapa minggu, Anda akan melihat hasilnya.

  • Buah berry

Berry bertindak sebagai desinfektan yang kuat dan efektif untuk mengobati kuku berubah warna akibat infeksi jamur. Tambahkan satu sendok teh buah berry hancur di semangkuk air hangat. Rendam kuku kuning Anda di dalamnya selama 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

  • Base coat

Jika harus menggunakan cat kuku, sebelum proses pemulasan dimulai, oleskan base coat terlebih dahulu. Kandungan vitamin pada produk base coat dapat memperkuat kuku dan menjaga kerusakan serta kekuningan akibat cat kuku yang digunakan. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here