Cara Obati Kutil Kelamin dengan Obat Alami

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kutil kelamin merupakan penyakit yang bisa sangat menganggu kenyamanan penderitanya. Untuk menghindari penyebarannya, maka segera obati penyakit ini. Umumnya, metode pengobatan kutil kelamin dibagi menjadi dua yaitu dengan menggunakan obat-obatan topikal dan melalui prosedur ablasi.

Obat topikal biasanya diperuntukan kutil kelamin yang lunak dan tidak tumbuh menyebar. Sebaliknya, prosedur ablasi direkomendasikan pada pasien yang kutil kelaminnya tidak merespons obat topikal dan tumbuh menyebar. Selain itu, prosedur ablasi akan dijadikan pilihan utama apabila pasien sedang hamil karena sejumlah produk obat topikal memiliki efek samping yang membahayakan janin.

Pengobatan topikal adalah pengobatan dengan mengoleskan obat berbentuk salep, krim atau cairan yang mengandung zat tertentu pada bagian yang terinfeksi dengan tujuan membunuh sel kutil atau merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Obat topikal untuk kutil kelamin berbeda dengan obat topikal yang diperuntukan kutil biasa. Hindari menggunakan obat kutil biasa untuk kutil kelamin karena dapat makin mengiritasi area kelamin yang memiliki jaringan yang lebih lembab dan lunak serta makin menimbulkan rasa sakit.

Selain itu, berbagai obat alami juga bisa digunakan untuk mengobati kutil kelamin antara lain:

  • Bawang putih

Bawang putih umumnya digunakan sebagai bumbu yang akan menambah cita rasa pada masakan, tetapi tanpa Anda sadari ternyata bahan alami ini punya manfaat lain bagi kesehatan Anda. Bawang putih disebut-sebut sangat bermanfaat dalam menghadapi segala jenis infeksi, termasuk HPV.

  • Daun zaitun

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa penyakit kutil kelamin disebabkan oleh virus HPV. Sehingga dalam pengobatannya juga harus melibatkan kandungan bahan yang dapat membantu mengurangi virus HPV tersebut. Salah satunya adalah daun zaitun. Anda bisa mengonsumsi daun ini dengan memasukkan satu sendok teh daun zaitun ke dalam secangkir air panas, kemudian saring dan minum setiap hari.

  • Teh hijau

Teh hijau sering disebut sebagai salah satu minuman yang kaya akan manfaat. Namun, ternyata teh yang berasal dari tanaman Camellia sinensis ini tidak hanya bermanfaat untuk dikonsumsi saja, tapi telah terbukti juga efektif sebagai obat alami kutil kelamin karena memiliki kandungan polyphenon E di dalamnya.

  • Tea tree oil

Bahan alami lain yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan kutil kelamin yaitu tea tree oil alias minyak pohon teh. Mungkin Anda adalah salah satu pengguna tea tree oil karena sekarang bahan alami ini sedang ramai digunakan, terlebih pada wajah untuk menghilangkan atau bahkan mencegah timbulnya jerawat. Ternyata, kandungan di dalam bahan ini tidak hanya bisa dimanfaatkan dalam bidang kecantikan saja, penyakit kutil kelamin pun dapat disembuhkan dengan bahan ini. Hal ini disebabkan karena tea tree oil mengandung khasiat anti virus, anti jamur serta antiseptik yang dapat menyembuhkan infeksi HPV dan kutil dengan cepat. Selain itu, kulit yang iritasi pun juga dapat disembuhkan karena khasiat pada bahan alami ini.

Namun, sebaiknya temui dokter jika Anda merasakan gejala kutil kelamin, misalnya gatal, nyeri dan panas pada area kelamin, agar mendapatkan penanganan yang tepat. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here