Cara Penanganan Ibu Hamil yang Mengalami Hemoglobin Rendah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pembaca, seringkali ibu hamil mengalami hemoglobin yang rendah. Sebenarnya apa penyebab dan bagaimana menanganinya?

Mengapa Ibu Hamil Rentan Hemoglobin (Hb) Rendah?

Ibu hamil sangat rentan terhadap kurangnya hemoglobin (Hb) sehingga Sang Ibu mengalami anemia. Padahal hemoglobin memiliki kandungan protein dalam sel darah merah sehingga mengandung zat besi yang tinggi. Fungsi hemoglobin bagi ibu hamil begitu penting yaitu sebagai pemasok oksigen dalam darah yang menuju saluran pernafasan serta ke seluruh tubuh.

Apa Penyebabnya?

  1. Terjadinya Pendarahan. Pendarahan yang terjadi pada ibu hamil bisa menurunkan kadar hb dalam darah. Pendarahan bisa terjadi karena wasir, kecelakaan, dan lainnya.

2. Infeksi karena penyakit. Terjadinya penyakit kronis yang terjadi dalam jantung, liver, ginjal, usus, dan organ lainnya dapat menurunkan kadar Hb dalam darah.

3. Mengkonsumsi jenis obat tertentu. Mengkonsumsi jenis obat tertentu dapat menurunkan kadar hb dalam sel darah merah juga.

4. Fisik Kelelahan karena Banyak Kegiatan. Terlalu banyak melakukan kegiatan yang menguras tenaga dan tidak diimbangi dengan istirahat.

5. Terjadinya Dehidrasi. Rendahnya hemoglobin juga bisa terjadi karena kurangnya cairan atau dehidrasi.

6. Kurangnya nutrisi. Kurangnya asupan gizi vitamin B12, vitamin C dan zat besi. Zat-zat tersebut yang membuat sel darah merah menjadi sehat.

Bagaimana Gejalanya?

  1. Sering mengalami pingsan.
  2. Terlalu sering pusing atau migrain.
  3. Merasa sulit dalam pernafasan.
  4. Rambut rontok secara parah.
  5. Bengkak di bagian tangan dan kaki
  6. Keringat dingin terus-terusan keluar.
  7. Buang air besar disertai darah.
  8. Cepat merasa lelah.
  9. Warna kulit terlihat pucat dan kisut.

Bagaimana Cara Penanganan yang Tepat?

  • Mengkonsumsi Vitamin. Ibu hamil sangat disarankan makan makanan yang mengandung vitamin C, zat besi, asam folat, dan vitamin B12.
  • Hindari Kafein. Hindari kafein yang berlebihan seperti kopi dan coklat, karena dapat menyerap hemoglobin dalam darah.
  • Hindari Konsumsi Obat Tanpa Resep Dokter. Hindari untuk mengkonsumsi obat yang mengandung antasida dan zat fosfat. Usahakan hanya mengkonsumsi obat yang sesuai dengan resep dokter saja.
  • Olahraga Ringan. Ada baiknya ibu hamil juga melakukan olahraga atau senam ringan khusus ibu hamil.
  • Jaga Pola Makan dan Tidur. Perhatikan pola makan dan pola tidur. Jangan sampai telat makan, dan makan lah makanan yang bergizi dan istirahatlah dengan baik.
  • Lakukan Pemeriksaan Darah. Sebaiknya melakukan pemeriksaan darah secara rutin agar kadar hemoglobin terus normal.

Demikian informasi mengenai cara penanganan ibu hamil yang mengalami hemoglobin rendah. Semoga Pembaca dapat mengambil intisarinya sehingga dapat menjaga kesehatan ibu hamil dengan baik. (MLS).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here