Cara Pengobatan dan Pencegahan Pembengkakan Jaringan Payudara (Ginekomastia)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda melihat kerabat pria yang mengalami kondisi ginekomastia? Ada baiknya Anda membaca pengobatan dan pencegahan sehingga dapat teratasi dengan segera.

Bagaimana Pengobatan Ginekomastia

Penyakit ginekomastia atau pembengkakan jaringan payudara yang terjadi pada laki-laki bisa diobati dengan cara sebagai berikut:

  • Operasi

Operasi bisa dilakukan dengan melakukan bedah kosmetik, sedot lemak, mastektomi (menghapus kelenjar payudara), melakukan inisisi di sekitar payudara dan ketiak.

  • Konseling

Konseling dapat dilakukan untuk mengatasi dampak psikologis yang menyebabkan depresi dan gangguan mental.

  • Mengkonsumsi Obat
  1. Anti-androgen

Obat untuk melakukan pembesaran prostat atau kanker.

2. Anabolic steroid dan androgen

Obat untuk penyakit AIDS

3. Terapi antiretroviral (ART)

Ginekomastia merupakan terapi yang dilakukan perkembangan pada laki-laki yang mengidap HIV.

4. Efavirenz (Sustiva)

Obat yang digunakan untuk mengobati HIV

5. Diazepam (Valium).

Obat anti cemas

6. Antidepresan trisiklik

7. Antibiotik

Obat Maag

8. Kemoterapi

Digoxin (Lanoxin) dan calcium channel blockers

Obat hati

Bagaimana Pencegahan Ginekomastia?

Penyakit ginekomastia dapat dilakukan dengan melakukan pencegahan dengan memperbaiki pola hidup sehat dan melakukan pencegahan dengan bahan alamiah seperti berikut:

  • Ramuan dari Kunyit. Kunyit berfungsi dalam menaikkan hormon testosteron pada laki-laki. Jika hormon testosteron tinggi maka payudara akan mengecil. Caranya dengan memasukkan 1 sendok teh kunyit ke dalam cangkir yang berisi air dan panas. Minum saja 2 atau 3 kali sehari sebelum tidur secara rutin.
  • Minyak Ikan. Minyak ikan sangat kaya dengan omega-3 sehingga mampu meningkatkan produksi testosteron. Anda bisa memakan makanan dengan lauk ikan salmon, tuna dan mackerel.
  • Passion Flower. Passionflower merupakan pengobatan alami untuk mencegah dan mengobati ginekomastia karena mampu meningkatkan testosteron. Caranya dengan mencampur 1 sendok teh ramuan bunga kering dalam segelas air panas selama 10 menit. Saring dan minum secara rutin sekali sehari.
  • Zinc. Zink dapat bermanfaat dalam mengatasi testosteron yang rendah. Makanan yang mengandung zinc ialah mete, yogurt, kismis, tiram, lobster, kacang dan kacang buncis.
  • Flaxseed (biji rami). Biji rami mengandung dan omega-3 untuk meningkatkan testosteron dan menurunkan kadar estrogen. Mampu menyeimbangkan aktivitas estrogen dan memiliki kualitas antiestrogenik. Caranya dengan menambahkan 1 sendok makan flaxseed pada segelas air panas dan meminumnya secara rutin selama beberapa minggu.
  • Dandelion. Dandelion merupakan efek diuretik untuk menghilangkan kelebihan air, racun berbahaya, dan kadar estrogen yang berlebihan. Caranya dengan menambahkan 1 sendok teh dandelion kering ke dalam satu cangkir air panas selama 10 menit. Kemudian minum sebanyak 2 atau 3 kali sehari.
  • Mandi Garam Epsom. Garam Epsom mengandung magnesium sulfat yang membantu proses detoksifikasi, membantu menyeimbangkan hormon, dan mampu mengurangi retensi air.

Demikian informasi mengenai pengobatan dan pencegahan ginekomastia, semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY