Cara Pengobatan Penyakit Radang Panggul

0
5
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda melihat saudara atau teman yang mengeluh kesakitan karena penyakit radang panggul? Bagaimana cara pengobatannya ya agar segera sembuh dan terbebas dari penyakit ini?

Cara Pengobatan Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul atau PID merupakan infeksi organ reproduksi wanita yang menular. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobatinya sebagai berikut:

  • Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti bakteri yang baik. Caranya dengan menyiapkan 1 sendok teh bubuk kunyit dan rebus dalam satu gelas susu hingga mendidih. Dinginkan, lalu minum rutin hingga gejala mereda.

  • Baking Soda

Senyawa alkali dalam baking soda mampu mengurangi rasa sakit pada infeksi. Caranya dengan menambahkan sepucuk sendok teh baking soda ke dalam air satu gelas, aduk rata dengan campurkan serat psyllium. Kemudian minum ketika perut kosong sehari sekali selama seminggu.

  • Bawang Putih

Bawang putih bersifat anti bakteri dan antibiotik. Caranya dengan menggoreng 2 atau 3 siung bawang putih yang sudah dicincang dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Saring hasil gorengan dan biarkan menjadi dingin. Basahi kapas dengan minyak, lalu masukkan ke vagina. Tarik kapas biarkan minyak tetap berada di vagina, lalu bilas hingga bersih. Lakukan hingga sakit berkurang.

  • Yoghut Probiotik

Yoghurt mengandung kultur hidup untuk mengusir bakteri. Caranya dengan mengoleskan setengah cangkir yoghurt probiotik pada vagina, lalu biarkan beberapa saat, dan bersihkan dengan air. Lakukan rutin selama sehari seminggu.

  • Minyak Tea Tree

Minyak tea tree sangat bermanfaat karena mengandung sifat antimikroba yang benar-benar kuat. Caranya dengan mencampurkan 2 hingga 3 tetes minyak dalam mangkuk kecil yang diisi air hangat lalu bersihkan vagina dengan cairan ini. Dan lakukan saja rutin selama 1 bulan sekali.

  • Minyak Jarak

Minyak jarak merupakan obat yang bisa meringankan rasa sakit karena sifatnya yang analgesik dari kandungan asam risinoleatnya. Caranya dengan melipat kain flannel besar menjadi beberapa lapis, tuang 2 hingga 3 sendok makan jarak di atasnya, panaskan dengan suhu yang aman, tidurlah di atas handuk di perut bagian bawah.

  • Makanan yang Mengandung Beta Karoten

Beta karoten sangat cocok untuk penyembuhan luka dengan cepat. Caranya dengan mengkonsumsi makanan yang di dalamnya banyak terdapat beta karoten seperti manga, wortel, ubi jalar, labu, dan lain sebagainya.

  • Makanan yang Mengandung Vitamin C

Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, melon, dan buah segar yang lainnya.

Demikian informasi yang dapat Pembaca dapatkan dari cara pengobatan penyakit radang panggul secara alami. Setidaknya dengan rutin melakukannya dapat mengurangi rasa sakitnya. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY