Cara Pengobatan Penyakit Vaginismus

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sebagian besar, vaginismus disebabkan oleh mental pasien sendiri, seperti takut, trauma atau stres jika hendak berhubungan seksual. Penyakit ini dapat diobati ketika trauma sudah teratasi. Jika khawatir, maka Anda dapat berkonsultasi dengan psikiater untuk dilakukan evaluasi secara menyeluruh.

Pilihan perawatan bervariasi, tergantung pada penyebab rasa sakit. Untungnya, vaginismus adalah salah satu gangguan pada wanita yang paling sering berhasil disembuhkan. Biasanya, vaginismus akan diobati dengan terapi relaksasi vagina, terapi emosional dan operasi.

Pada kasus infeksi atau kondisi medis yang berkontribusi pada rasa sakit, mengatasi penyebab dengan pengobatan dapat memperbaiki kondisi Anda. Mengganti pengobatan yang diketahui menyebabkan masalah lubrikasi juga dapat mengeliminasi gejala. Banyak wanita yang sudah mengalami menopause disebabkan kurangnya pelumas akibat rendahnya kadar estrogen. Sering kali, kondisi ini dapat ditangani dengan estrogen topikal yang dioleskan langsung pada vagina.

Operasi adalah opsi lainnya yang digunakan untuk memperlebar vagina. Hal ini mungkin perlu dilakukan pada situasi tertentu. Sebagai contoh, apabila operasi sebelumnya menyebabkan jaringan luka yang membatasi vagina, seperti episiotomi saat persalinan. Pada kasus ini, operasi kecil dapat membantu mengangkat jaringan luka, dengan memotong jaringan luka dengan hati-hati dan menjahit dengan jahitan kecil. Operasi dapat dilakukan dengan anestesi lokal atau umum.

Diagnosa ditegakkan berdasarkan pada gejala dan hasil pemeriksaan panggul. Terapi yang diberikan adalah kombinasi edukasi, konseling dan latihan. Terapi bertujuan untuk melemahkan refleks pengencangan otot-otot vagina dan mengatasi rasa takut akan nyeri yang timbul ketika vagina dan daerah sekitarnya mendapat sentuhan. Untuk melemahkan refleks otot-otot vagina, maka perlu dilakukan latihan untuk memberi sentuhan.

Selain perawatan medis, gaya hidup dan pengobatan rumahan juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi vaginismus. Salah satunya dengan latihan kendali pelvic floor (latihan kegel) dan latihan vagina dapat meringankan rasa sakit secara perlahan dan membantu mengatasi vaginismus. Latihan kegel meliputi aktivitas kontraksi dan relaksasi yang membantu meningkatkan kendali otot pelvic floor. Latihan vagina bertujuan untuk membantu Anda terbiasa dengan objek yang masuk ke dalam vagina.

Bila Anda mengalami rasa sakit saat penetrasi, penis mungkin mengenai serviks atau menekan otot pelvic floor, menyebabkan rasa sakit atau kram. Maka, berganti posisi dapat membantu. Anda dapat mencoba posisi di atas pasangan Anda saat berhubungan seks. Wanita biasanya memiliki kendali lebih dengan posisi ini sehingga Anda dapat mengatur penetrasi sesuai dengan keinginan Anda.

Tak hanya itu, mengatakan tentang apa yang terasa nikmat dan yang tidak juga bisa membantu. Jika Anda ingin pasangan Anda pelan-pelan, katakanlah. Foreplay yang lebih lama dapat menstimulasi pelumas alami Anda. Anda juga dapat mengurangi rasa sakit dengan menunda penetrasi hingga Anda sudah merasa sangat bergairah. Pelumas juga dapat membuat hubungan seks menjadi lebih nyaman. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here