Cara Penularan dan Penyebab Munculnya Panu pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Panu merupakan penyakit yang menyerang siapapun. Priapun dapat mengalami penyakit ini. Biasanya panu akan menyerang semua bagian tubuh Anda bahkan bagian wajah.

Bagi para pria untuk tampil atau terlihat tampan juga perlu, tidak hanya wanita saja yang menginginkan kecantikan. Nah, dengan adanya penyakit panu ini, tentunya merupakan sebuah ancaman bagi kepercayaan diri pria dalam berpenampilan. Walaupun panu bukan merupakan penyakit yang berbahaya, hal tersebut cukup mengkhawatirkan bagi pria karena biasanya panu mengakibatkan munculnya bercak-bercak pada kulit yang berwarna pucat dan bersisik ketika digaruk

Selain itu, panu juga merupakan penyakit yang mudah menular. Pola penularan panu biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak bersih. Biasanya kebiasaan orang tersebutlah yang memicu munculnya panu. Panu menular dari kebiasaan-kebiasaan seperti berikut:

  1. Keringat berlebih yang kemudian mengering di kulit sehingga mengakibatkan rasa lengket pada kulit. Keringat adalah sisa metabolisme yang dikeluarkan oleh tubuh. Keringat biasanya kotor dan apabila bercampur bakteri akan menimbulkan bau. Jangan biarkan keringat terus menempel hingga mengering di kulit, karena hal ini ikut menempelkan kotoran di pori-pori kulit. Namun perlu anda ketahui keringat juga bermanfaat untuk membantu tubuh kita tetap sehat.
  2. Kebiasaan jarang mandi atau kurang menjaga kondisi kebersihan badan. Umumnya setiap orang mandi dalam satu hari 2 kali dan dengan cara mandi yang benar dan bersih. Jika anda mandi dengan sekedar menguyurkan air ke badan, hal itu akan membuat badan anda tetap dalam keadaan kotor sehingga akan memicu timbulnya panu di tubuh anda.
  3. Tertular panu dari orang yang menderita panu. Biasanya penularan ini melalui pakaian atau handuk yang digunakan bersama.

Sedangkan penyebab munculnya panu adalah karena kulit anda terinfeksi oleh jamur. Namun itu hanyalah salah satu faktor penyebab panu. Berikut beberapa penyebab panu selain infeksi dari jamur:

  1. Kondisi lembab dan panas lingkungan, dan penggunaan pakaian ketat atau pakaian yang tidak menyerap keringat.
  2. Munculnya keringat berlebihan karena beraktifitas fisik atau sekedar kegemukan
  3. Karena trauma minor, yang biasanya disebabkan karena gesekan pada paha orang gemuk
  4. Terganggunya keseimbangan flora tubuh. Hal ini disebabkan karena pemakaian antibiotik, atau obat hormonal dalam waktu yang lama.

Bagi anda yang sudah terkena panu, jangan khawatir. Panu anda dapat disembuhkan dengan beberapa obat herbal yang tentunya mudah ditemukan dan harganya terjangkau seperti kunyit, lengkuas, daun leunca dan daun pare. Lakukan pengobatan secara rutin sehingga panu dapat dihilangkan. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY