Cara Praktis Meringankan Nyeri Bahu

SehatFresh.com – Banyaknya aktivitas dan kegiatan mengangkat benda berat menyebabkan bagian bahu terasa pegal dan nyeri. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meringkan rasa nyeri pada bagian bahu, mulai dari cara tradisional dan canggih dilakukan. Namun, ada cara prakis yang dapat dilakukan di rumah kita untuk mengobati dan mringkan rasa nyeri pada bahu.

Berikut ini cara praktis yang dapat dilakukan untuk mengobati dan meringkan rasa nyeri pada bahu kita:

  1. Terapi menggunakan es batu

Cara ini sangat mudah dilakukan di rumah. Dengan menyiapkan es batu secukupnya dan kain. Masukkan es batu ke dalam kain yang sudah disiapkan. Lalu kompres bagian bahu yang terasa nyeri dan lakukan selama 15 menit. Cara itu cukup ampuh untuk mengusir nyeri pada bahu.

  1. Mengangkat bahu berulang kali.

Mengangkat bahu secara konstan memberikan rasa nyaman dan relaksasi. Itu akan meringankan rasa nyeri pada bagian bahu. Mengangkat bahu dapat dilakukan ketika bahu terasa nyeri hingga rasa nyeri hilang.

  1. Memijat bagian bahu yang nyeri.

Pijat merupakan salah satu pilihan yang dapat dilakukan ketika cara di atas tidak ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri. menggunakan krim pereda nyeri dan balsem ketika pemijitan akan membantu menghilangkan rasa nyeri pada bahu. Lakukan pemijatan dengan halus. Pemijatan bertujuan untuk melancarkan peredaran darah di daerah bahu dan leher yang nyeri.

  1. Istirahat yang cukup dan penggunaan bantal

Tidur merupakan istirahat yang baik bagi tubuh kita. Tidak terkecuali pada saat bahu terasa nyeri. Tidur yang baik untuk meredakan nyeri bahu ialah dengan berbaring mengarah satu sisi, supaya aliran darah menuju bahu lancar. Istirahat dilakukan agar otot-otot bahu merasa rileks dan tidak tegang.

Sama dengan itu, penggunaan bantal siku mampu memberikan dampak yang baik untuk meredakan nyeri akibat penggunaan bantal yang salah ketika tidur.

  1. Kecukupan nutrisi otot

protein, kalsium, vitamin, dan mineral merupakan nutrisi yang diperlukan oleh otot untuk dapat bekerja secara maksimal. Apabila kecukupan nutrisi di atas kurang, itu akan menyebabkan kerja otot akan menurun dan berisiko terjadinya cedera pada otot. Maka kebutuhan akan nutrisi tersebut perlu dipenuhi, dengan mengonsumsi daging, ikan, ayam, dan kacang-kacangan.

  1. Lakukan peregangan dan olahraga ringan

Saat kita bekerja di depan komputer dan duduk di kursi, terkadang terasa nyeri pada bagian bahu karena kebiasaan itu. peregangan dan olahraga ringan bisa dilakukan untuk meringankan nyeri dan pegal yang berada di bahu. Makaolahraga kecil dapat dilakukan untuk meringankan nyeri bahu.

  1. Tidak merokok

Kandungan racun yang terdapat di dalam rokok menyebabkan tersumbatnya aliran darah yang membawa oksigen ke bagian bahu, sehingga terganggunya proses pertukaran oksigen dengan karbon dioksida, serta nutrisi yang dibutuhkan oleh jaringan otot. Hal itu, yang menyebabkan nyeri pada bagian bahu. Ketika kita tidak merokok, itu akan membantu kita untuk meringankan nyeri pada bahu.

Itulah cara praktis meringankan ketika nyeri bahu. Cara di atas sangat mudah untuk dipraktikan di rumah maupun di kantor. Semoga dapat membantu meringankan nyeri bahu dan apabila cara di atas tidak berhasil, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli.

Sumber gambar : www.SehatFresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY