Cara Tepat dan Benar Mencuci Buah dan Sayuran

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tubuh manusia membutuhkan banyak nutrisi dari berbagai macam sumber, salah satu sumber nutrisi yang baik bagi tubuh adalah yang berasal dari sayur dan buah-buahan.

Umumnya pada saat mencuci buah kebanyakan hanya sekedar mengenainya ke air saja, padahal ini belum tentu dapat membuat buah menjadi bersih dan vitamin dan nutrisi yang didapatkan dari sayur dan buah pun bisa saja bercampur dengan kotoran yang menempel, untuk itu maka perlu melakukan pencucian buah dan sayur agar mereka tidak tercemar oleh kotoran dan dapat berdampak baik bagi tubuh, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencuci buah dan sayuran:

  • Cuci buah dan sayuran dibawah air mengalir. Memncuci buah dibawah air mengalir bertujun agar kotoran yang tadinya menempel pada sayuran dan buah dapat hilang dan tidak menempel kembali. Proses ini pun jangan dilakukan terlalu lama karena vitamin yang ada dalam sayuran dan buah dapat larut bersama dengan air.
  • Sikat lembut sayuran dan buah. Tanaman seperti pare, ubi jalar, kentang dan tanaman lainnya yang memiliki banyak liku di permukaannya, umumnya pada tanaman jenis ini banyak kotoran yang menempel disela-selanya sehingga dibutuhkan sikat halus untuk membersihakan sela-sela tersebut dari kotoran yang menempel. Penyikatan yang dilakukan pun jangan terlalu keras agar tidak merusak buah dan sayur tersebut.
  • Rendam di air garam. Pada sayur-sayuran seperti kembang kol, brokoli dan juga petai sering kali ditemukan ulat dan serangga di dalamnya, untuk mengeluarkan mereka Anda dapat merendam sayuran tersebut kedalam air rendaman garam selama 5 menit, kemudian tiriskan air dari sayuran tersebut.
  • Gunakan air matang. Pada buah dan sayur yang biasanya langsung dikonsumsi seperti apel, pir, stroberi ataupun sayur-sayuran yang sering dijadikan lalapan seperti kemangi, kol, timun, dan lain sebagainya lebih baik pada saat mencucinya menggunakan air matang agar buah dan sayuran tersebut benar-benar bersih.
  • Cuci tangan, alat masak dan wadah. Perlu diperhatikan juga dalam memncuci buah san sayuran agar mereka benar-benar bersih maka tangan untuk membersihkannya juga harus bersih sedangkan alat masak dan wadah pun harus di cuci terlebih dahulu atau benar-benar dipastikan bersih ini digunakan untuk menghindari buah dan sayuran yang telah bersih tidak terkena kotoran lagi dari tangan ataupun alat masak dan wadah yang digunakan. (RNJ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY