Cara Tepat Membersihkan Peralatan Makan Minum Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Makan dan minum adalah aktivitas yang penting bagi bayi, karena melalui makanan tubuh bayi akan mendapatkan banyak nutrisi yang berguna untuk pertumbuhannya. Sisa makanan bayi bisa saja menempel pada peralatan makan dan minumnya sehingga menjadi kerak atau meninggalkan bekas, dan tidak menutup kemungkinan bakteri dan kuman dapat hidup disana. Peralatan makan dan minum bayi adalah salah satu yang paling penting untuk dibersihkan secara benar, karena ini adalah peralatan yang secara langsung bersentuhan dengan mulut bayi maka akan dengan mudah bakteri atau kuman masuk kedalamnya. Penggunaan sabun cuci yang tepat tentu diajurkan dalam membersihkan perlatan makan dan minum bayi.

Bayi adalah makhluk ciptaan Tuhan yang sangat spesial maka dari itu membersihkan perlatan makan dan minumnya pun tidak boleh sembarangan demi menghidari bakteri atau kuman tumbuh di peralatan tersebut, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan perlatan makan dan minum bayi:

  • Sabun. Sudah banyak beredar dipasaran sabun yang khusus digunakan untuk mencuci peralatan makan dan minum bayi, sabun yang digunakan untuk membersihkan tentu saja yang berfungsi untuk membasmi dan mencegah berbagai macam bakteri agar tidak hinggap dan tumbuh pada peralatan makan dan minum bayi. Jangan lupa untuk membersihkan setiap sela-sela bagian peralatan makan dan minum bayi dengan menggunakan beberapa alat bantuan seperti spoons dan pembersih botol.
  • Bilas dibawah air mengalir. Setelah dicuci menggunakan sabun anti bakteri maka bilas peralatan makan dan minum bayi dibawah air mengalir, ini dapat membuat proses pembersihan lebih bersih dan higienis.
  • Keringkan. Setelah dicuci menggunakan sabun anti bakteri, di bilas, kemudian keringkan peralatan makan minum bayi maka letakan perlatan tersebut di rak dan tunggu hingga air yang ada pada peralatan turun dengan sempurna, tetapi jika ingin segera dipakai bisa juga menggunakan lap bersih untuk mengeringkan peralatan makan dan minum bayi.
  • Sterilkan. Untuk memastikan semuanya aman makan cara terakhir yang dapat diguakan adalah dengan menstrerilkan peralatan makan dan minum bayi. Cara paling mudah untuk mensterilkan peralatan makan dan minum bayi adlah dengan merebus peralaan tersbut, perebusan yang dilakukan diharapkan dapat membunuh kuman atau bakeri yang ada pada peralatan makan dan minum bayi.

Mulai sekarang bersihkan peralatan makan dan minum bayi Anda dengan benar agar tidak ada kuman atau bakteri yang menempel yang dapat berbahaya bagi bayi Anda. (RNJ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY