Cari Tahu Penyebab dan Cara Atasi Sperma Encer

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pria kerap memiliki kesalahpahaman bahwa air mani harus memiliki konsistensi kental dan lengket, tapi tidak sepenuhnya benar. Ketebalan konsistensi air mani dapat bervariasi setiap kali Anda ejakulasi.

Kelengketan air mani dimaksudkan untuk dapat membuatnya menempel lebih lama di dalam area genital pasangan Anda serta meningkatkan peluang sperma untuk mendapatkan kontak dengan sel telur yang subur. Tapi, adakalanya sperma seorang pria terlihat encer. Kondisi tersebut bisa saja menandakan adanya kemungkinan gangguan kesuburan.

Air mani adalah cairan berisi sperma yang dikeluarkan melalui penis saat pria mengalami ejakulasi. Air mani berfungsi sebagai media transportasi sperma untuk menuju sel telur dalam proses pembuahan. Normalnya, air mani berkonsistensi kental dan berwarna putih atau keabu-abuan saat dikeluarkan. Air mani yang telah dikeluarkan akan mencair setelah 5-40 menit.

Air mani encer normal ditemukan pada remaja pria yang belum menginjak pubertas atau belum matang secara seksual, sehingga anak-anak laki tidak perlu khawatir secara berlebihan mengenai kondisi ini. Tekstur air mani yang tampak berair juga sesekali umum ditemukan pada pria dewasa. Ada beberapa penyebab lainnya yang dapat menjelaskan kondisi air mani encer ini antara lain:

  • Jumlah sperma tidak cukup dalam satu kali ejakulasi

Terlalu sering ejakulasi dalam satu kali aktivitas seksual adalah penyebab paling umum dari kondisi air mani encer. Jika Anda cukup aktif secara seksual atau sering masturbasi, frekuensi ejakulasi Anda berpengaruh besar pada penampilan fisik air mani Anda.

  • Kadar sperma jauh di bawah normal

Kondisi ini disebut dengan ogliospermia, yang mengacu pada jumlah sperma di bawah 15 juta sel per milimeter air mani. Terkadang, kekurangan zat besi mungkin menjadi faktor penyebab yang paling mungkin dari kondisi ini.

  • Kekurangan fruktosa

Kekurangan atau defisit fruktosa terjadi akibat buruknya kebiasaan makan Anda sehari-hari atau jika Anda terlalu keras berolah raga.

  • Ejakulasi di dalam

Alias retrogade ejaculation, yang mengacu pada salah satu kondisi penyebab ketidaksuburan pria. Jika Anda mengalami ejakulasi terbalik, air mani yang keluar akan sangat sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali setelah ejakulasi. Pada umumnya kondisi ini tidak memerlukan bantuan medis profesional.

Pada umumnya, air mani encer adalah kondisi yang normal. Encer atau air mani yang jernih dan tipis merupakan kondisi yang bersifat sementara dan bukan gangguan kesehatan yang serius.

Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang kualitas atau kuantitas air mani yang dikeluarkan oleh penis Anda, kecuali Anda benar-benar tidak mengeluarkan sama sekali atau terasa sakit saat ejakulasi. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here