Cedera hamstring

Cedera hamstring terjadi ketika salah satu otot di paha belakang mengalami robekan atau peregangan akibat aktivitas fisik atau saat berolahraga. Anda mungkin lebih mungkin mengalami cedera hamstring jika Anda bermain sepak bola, basket, tenis atau olahraga serupa yang mengharuskan Anda berlari dengan berhenti tiba-tiba. Cedera hamstring dapat terjadi pada pelari dan penari juga. Langkah-langkah perawatan diri seperti istirahat, kompres dingin dan obat pereda nyeri merupakan semua yang Anda butuhkan untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang berhubungan dengan cedera hamstring. Operasi mungkin juga diperlukan untuk memperbaiki otot yang robek.

Gejala

Cedera hamstring biasanya menyebabkan nyeri yang hebat secara tiba-tiba di belakang paha Anda. Pembengkakan dan nyeri biasanya berkembang dalam beberapa jam. Anda juga mungkin mengalami memar atau perubahan warna di sepanjang bagian belakang kaki, serta kelemahan otot atau ketidakmampuan untuk menempatkan berat badan pada kaki yang terluka.

Kapan harus ke dokter?

Cedera hamstring ringan bisa diobati di rumah. Tapi Anda harus pergi ke dokter jika Anda tidak dapat menanggung beban apapun pada kaki yang luka atau jika Anda tidak dapat berjalan lebih dari empat langkah tanpa rasa sakit yang signifikan.

Penyebab

Otot-otot hamstring adalah kelompok tiga otot yang berjalan di sepanjang bagian belakang paha dari pinggul hingga bawah lutut. Otot-otot ini memungkinkan untuk memperpanjang kaki Anda lurus di belakang tubuh dan untuk menekuk lutut. Ketika salah satu dari otot-otot ini membentang di luar batas selama aktivitas fisik, cedera dapat terjadi.

Faktor risiko

  • Partisipasi olahraga: Olahragayang mengharuskanberlariatauberjalan, atau kegiatanlain sepertimenariyang mungkin memerlukanekstrimperegangan, membuatcederahamstringlebih mungkin
  • Cedera hamstringsebelumnya: Jika Anda pernah mengalami cedera hamstring, Anda lebih mungkin untuk mengalaminya lagi terutama jikaAnda mencobauntuk melanjutkansemua kegiatanditingkatintensitas pra-cedera sebelum otot sembuh dan dan membangun kembalikekuatan.
  • Fleksibilitas yang buruk: Jika Anda memilikifleksibilitas yang buruk, otot-ototAndamungkin tidakmampu menanggungkekuatan penuhdaritindakanyang diperlukan selamakegiatan tertentu.
  • Ketidakseimbangan otot: Meskipun tidaksemuaahli sepakat, beberapa menunjukkan bahwaketidakseimbanganototdapat menyebabkancederahamstring. Ketikaotot-ototdi sepanjangbagian depan pahamenjadi lebih kuatdanlebih berkembang daripadaotothamstring, Anda mungkin lebih cenderung untuk melukai otot hamstring.

Komplikasi

Kembali ke aktivitas berat sebelum otot hamstring benar-benar sembuh dapat menyebabkan kambuhnya cedera. Dalam beberapa kasus, cedera hamstring berulang mungkin lebih parah dari cedera asli.

Tes dan diagnosa

Selama pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa pembengkakan dan titik nyeri di sepanjang belakang paha. Lokasi dan intensitas nyeri dapat membantu menentukan tingkat dan sifat kerusakan. Dokter Anda mungkin juga menggerakkan kaki yang terluka dalam berbagai posisi untuk membantu menentukan otot yang terluka dan jika Anda juga memiliki ligamen atau tendon kerusakan.

Dalam cedera hamstring parah, otot bisa robek atau bahkan melepaskan diri dari tempat yang menghubungkannya ke panggul atau tulang kering. Terkadang bagian kecil dari tulang dapat menarik diri (fraktur avulsi) dari tulang utama ketika pemisahan terjadi. X-ray dapat memeriksa fraktur avulsi, sementara USG dan MRI dapat memvisualisasikan robekan di otot dan tendon.

Perawatan dan pengobatan

Tujuan awal dari pengobatan adalah untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Untuk mencapai hal ini, dokter mungkin menyarankan Anda melakukan hal berikut:

  • Tidak melakukan aktifitas berat agar cedera cepat pulih.
  • Menggunakantongkat atautongkat penyanggauntukmenghindari tumpuan berat badan pada kaki
  • Menerapkankompres esbeberapa kali sehariuntuk menghilangkan rasa sakitdanmengurangipembengkakan.
  • Membungkusdaerah lukadenganperbankompresiataumemakai celana pendekkompresiuntuk meminimalkanpembengkakan.
  • Memakai obat pereda nyeri seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB) atau acetaminophen (Tylenol) untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Terapi fisik

Setelah rasa sakit awal dan pembengkakan cedera hamstring mereda, dokter atau ahli terapi fisik dapat menunjukkan cara untuk melakukan latihan khusus yang dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas dan memperkuat otot-otot hamstring Anda.

Operasi

Jika otot Anda telah menarik diri dari tempat yang menghubungkannya ke panggul atau tulang kering, ahli bedah ortopedi dapat memasangnya kembali. Robekan otot yang parah juga dapat diperbaiki.

Pencegahan

Sebagai bagian dari program pengkondisian fisik secara keseluruhan, latihan peregangan dan penguatan otot regular dapat membantu untuk meminimalkan risiko cedera hamstring. Jika Anda memiliki pekerjaan yang menuntut fisik, pengkondisian teratur dapat membantu mencegah cedera. Dokter dapat memberi saran mengenai latihan pengkondisian yang tepat.