Cegah Bayi Dari Kematian Mendadak (Sudden Infant Death Syndrome)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat anak berusia di bawah satu tahun merupakan usia yang masih lucu-lucunya dan tentu sangat membahagiakan karena anda baru saja dikarunia seorang anak. Namun di usia tersebut seorang ibu biasanya dihantui oleh suatu sindrom yang disebut dengan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

SIDS adalah  istilah yang digunakan untuk menyebutkan suatu keadaan dimana bayi yang berusia satu bulan hingga satu tahun yang terlihat sehat dan baik-baik saja tapi secara tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan mereka meninggal.

Meski belum diketahui penyebab pasti dari SIDS ini, ada beberapa dugaan yang merupakan penyebab dari sindrom kematian mendadak pada bayi. Dugaan tersebut yaitu adanya keturunan atau genetik dari orang tua, dan bisa juga disebabkan karena infeksi bakteri atau menghirup zat yang dapat membuat bayi kesulitan bernafas.

Walaupun tak diketahui penyebab pastinya, anda jangan khawatir karena ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mencegah terjadinya SIDS pada bayi anda. Cara mencegah bayi dari kematian mendadak yaitu:

  1. Perhatikan posisi tidur si kecil

Posisi bahaya yang perlu anda hindari adalah saat bayi tidur dengan posisi tengkurap, sebab posisi ini yang sering menyebabkan SIDS. Bayi yang tidur tengkirap akan menutupo hidungnya sehingga sulit bernafas. Posisi miring juga berbahaya karena memiliki kemungkinan dua kali lipat terhadap kejadian SIDS. Untuk mencegahnya anda harus memastikan bayi tidur dalam posisi terlentang, jika anak sudah mulai bisa miring kanan kiri maka anda bisa mensiasati dengan memberi batasan dengan bantal di sebelah badan kiri kanan bayi.

  1. Sesuaikan tempat tidur bayi

Buatlah tempat tidur yang membuat bayi nyaman dan aman. Sebaiknya gunakan tempat tidur yang tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras, dapat menyerap keringat dan nyaman untuk bayi.

  1. Suhu udara kamar bayi

Memperhatikan suhu udara di kamar penting karena untuk mencegah SIDS bayi tidak boleh merasa terlalu panas. Untuk menghindari kondisi panas anda bisa melakukan hal seperti pakaikan baju yang tidak membuat bayi berkeringat, buka jendela kamar untuk menyejukan ruangan, jika tidak menggunakan pendingin ruangan anda bisa melakukan cara sederhana yaitu dengan menyimpan es di kamar bayi dalam botol sebanyak 1 liter di dekat bayi anda tidur.

  1. Hindari asap rokok

Tak hanya menyebabkan penyakit berbahaya pada orang dewasa, asap rokok juga berperan dalam risiko anak terkena SIDS. Jadi sebaiknya jauhkan anak dari dari asap rokok. Jika suami anda seorang perokok sebaiknya merokok di luar rumah sehingga tidak berdampak pada sang bayi.

  1. Cegah infeksi dari bayi

Untuk mencegah infeksi dari bayi yang menyebabkan SIDS, ada beberapa kebiasaan yang perlu anda ubah yaitu seperti mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang bayi dan hindarkan bayi dari lingkungan orang yang sedang sakit. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here