Cegah Cacat Lahir dengan Asupan Folat Selama Kehamilan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak ibu yang ingin mempersiapkan yang terbaik bagi anaknya untuk mendapatkan bayi yang sehat. Dokter juga menganjurkan para ibu untuk banyak mengonsumsi asupan folat sehingga tidak terjadi kecacatan saat lahir.

Tindakan Preventif Cegah Cacat Lahir dengan Asupan Folat

  • Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Ada baiknya Anda rutin mengkonsumsi makanan bergizi selama masa kehamilan sehingga dapat meningkatkan perkembangan bayi yang berada di dalam rahim sehingga dapat mencegah terlahirnya bayi cacat. Pastikan ketika memasak daging, Anda makan daging yang benar-benar sudah matang.

  • Rajin Mengkonsumsi Asam Folat

Sebaiknya Anda mengkonsumsi vitamin B9 agar terhindar dari bahaya bayi terlahir cacat. Cacat bawaan biasanya akan timbul ketika terjadi tidak sempurnya penutupan tabung saraf selama pertumbuhan embrional yang berakibat pada cacat otak dan tulang belakang pada janin.

  • Bentuk Asam Folat

Asam folat dapat dikonsumsi melalui suplemen atau sayus seperti kubis, brokoli, asparagus, jagung, seledri, dan bayam. Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, pisang, tomat, melon, papaya, kacang-kacangan, salmon, hati ayam, strawberry, papaya, dan bit.

Asam folat merupakan senyawa yang dapat membuat bayi terhindar dari resiko terlahir cacat tabung syaraf dan berbagai persoalan lain yang biasa dialami bayi, yaitu sebagai berikut:

  1. Berat badan yang terlahir dalam kondisi rendah.
  2. Pertumbuhan bayi yang buruk di dalam Rahim ibu.
  3. Celah bibir bayi dan langit-langit bayi yang tidak sempurna.
  4. Kelahiran premature.
  5. Terjadinya keguguran.

Jumlah asupan asam folat yang direkomendasikan bagi ibu hamil ialah sebagai berikut:

  1. Sebanyak 400 mcg per hari yang dianjurkan bagi wanita yang ingin hamil.
  2. Sebanyak 400 mcg per hari yang dianjurkan selama tiga bulan pertama kehamilan ibu.
  3. Sebanyak 600 mcg per hari yang dianjurkan dari bulan keempat hingga bulan kesembilan kehamilan ibu.
  4. Sebanyak 500 mcg per hari yang dianjurkan selama masa menyusui.

Asam folat bisa dibilang merupakan kandungan yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk membuat tumbuh kembang janin berjalan sempurna dan sehat seperti yang seharusnya.

Selain rajin mengkonsumsi asam folat, sebaiknya juga menghindari kebiasaan meminum alkohol. Sebaiknya kurangi asupan alkohol dengan sesegera mungkin agar tidak membuat timbulnya segala macam persoalan bagi janin.

Alkohol sangat beresiko bagi ibu hamil untuk membuatnya melahirkan bayi cacat karena alkohol pun bahkan bukan hanya membuat bayi cacat tapi juga keguguran dan berbagai macam gangguan kehamilan. Ada baiknya Anda menghindari kebiasaan merokok dengan sesegera mungkin sehingga dapat mencegah terjadinya kelahiran bayi yang cacat.

Demikian informasi mengenai pencegahan cacat lahir dengan asupan folat selama kehamilan. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here