Cegah Diabetes Dengan Rutin Jalan Kaki

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Diabetes merupakan momok yang menakutkan bagi banyak orang. Penyakit ini juga disinyalir dapat menimbulkan resiko besar jantung. Selain itu, diabetes juga memaksa penderitanya untuk meminum obat seumur hidupnya dan menjalani diet sehat. Namun, bukan berarti penyakit ini tidak dapat dicegah. Melakukan pencegahan diabetes cukup mudah dan murah bahkan gratis. Bagaimana caranya?

Kurangi Resiko Diabetes Dengan Jalan Kaki

Anda tipe orang yang memilih untuk naik kendaraan daripada jalan kaki? Kini ubah pemikiran anda karena ternyata jalan kaki merupakan investasi yang baik bagi kesehatan anda. Dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari, maka resiko terkena diabetes berkurang sebanyak 30%. Wow, hebatkan olahraga yang murah meriah ini? Selain itu, berjalan kaki juga dapat mengurangi stress, membuat tubuh lebih bugar, dan menurunkan berat badan. Setelah resiko diabetes berkurang, tentu resiko terkena penyakit jantung pun akan menyusul hilang.

Bagaimana Caranya?

Apabila anda benar-benar belum biasa berjalan kaki, maka, cukup lakukan 5-10 menit sehari sebagai permulaan. Lalu saat mulai terbiasa ditambah lagi frekuensi waktu anda berjalan kaki hingga akhirnya mencapai target 30 menit perhari. Jangan lupa ajak beberapa teman atau pasangan anda agar saat berjalan kaki anda tidak merasa terlalu lelah karena ada yang menemani anda sepanjang berjalan. Hal ini dapat dibiasakan dengan berbelanja di warung terdekat tanpa menyuruh asisten rumah tangga atau bahkan sekedar keluar rumah mencari kuliner malam tanpa membawa kendaraan.

Mengapa Jalan Kaki Dapat Menyembuhkan Diabetes?

Mungkin beberapa dari pembaca masih meragukan bagaimana caranya dengan berjalan kaki dapat mencegah diabetes. Hal ini mudah, otot-otot yang terlatih berjalan kaki dalam 30 menit sehari memiliki kemampuan lebih besar untuk menyerap glukosa lebih banyak dibandingkan yang tidak pernah berjalan kaki. Otot juga membuat aliran darah lebih lancar hingga anda dapat merasa lebih rileks.

Kalau Telah Berjalan Kaki, Haruskah Saya Menjauhi Makanan Manis Atau Berlemak?

Apabila anda melakukan olahraga ini secara rutin, walaupun makan-makanan manis dan berlemak biasanya kadar gula anda akan tetap normal. Namun, ada juga ketentuan yang menyatakan bahwa anda harus berjalan sebanyak 12.500 langkah setelah makan-makanan berlemak agar tekanan gula darah anda tetap normal. Namun, akan lebih baik lagi apabila anda tetap menghindari makanan manis dan berlemak. Untuk mengukur berapa langkah kaki anda dalam satu hari, anda dapat membeli pedometer di apotek terdekat atau data mengunduhnya dengan gratis di aplikasi smartphone anda. (NIA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY