Cegah Ibu Hamil Terkena Demam Berdarah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh perantara dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Orang yang terkena gigitan nyamuk ini akan mengalami kebocoran plasma darah pada pembuluh darah yang menyebabkan anda mengalami demam berdarah. Demam berdarah ini termasuk penyakit yang cukup serius karena dapat menyebabkan kematian.

Tingkat bahaya yang tinggi dari demam berdarah ini membuat semua orang berisiko untuk mengalaminya, termasuk juga ibu hamil. Ibu hamil yang terkena demam berdarah tentunya juga memiliki resiko menularkan penyakit ini kepada janinnya, mengingat bahwa demam berdarah dapat menular.

Janin yang tertular demam berdarah dari ibunya akan berisiko mengalami keguguran, lahir dengan kondisi meninggal, lahir dengan berat badan rendah, dan juga lahir prematur bisa menjadi kemungkinan. Hal ini tentunya berbahaya sehingga harus dicegah.

Agar tidak terkena penyakit demam berdarah saat hamil atau bahkan sampai menularkannya ke janin. Anda perlu melakukan beberapa pencegahan. Berikut beberapa pencegahan yang bisa anda lakukan agar tidak terserang oleh demam berdarah selama anda hamil:

  1. Jaga kebersihan lingkungan

Sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan karena lingkungan yang bersih juga akan berkontribusi dalam menjaga kesehatan tubuh anda. Apalagi jika berbicara mengenai demam berdarah, maka lingkungan yang bersih adalah kunci utama agar terhindar dari serangan penyakit tersebut.

Saat hamil anda harus lebih memperhatikan kebersihan lingkungan, pastikan menutup genangan air di sekitar rumah, karena genangan air yang dibiarkan terbuka akan menjadi tempat pertumbuhan nyamuk aedes aegypti. Semakin banyak nyamuk tumbuh di genangan air, akan semakin tinggi resiko anda terserang demam berdarah. Jadi pastikan genangan air ditutup dengan baik.

  1. Gunakan pakaian yang tertutup

Jika anda tinggal di daerah yang cukup banyak nyamuk, anda perlu menggunakan pakaian tertutup yang bisa melindungi anda dari gigitan nyamuk khususnya nyamuk aedes aegypti. Pakaian yang anda gunakan selama hamil sebaiknya longgar, terang dan juga menutupi bagian tangan dan kaki sehingga nyamuk akan kesulitan untuk mengigit anda.

  1. Pasang kelambu saat tidur

Memasang kelambu saat tidur juga akan mencegah gigitan nyamuk. Anda juga bisa menggunakan obat nyamuk agar kulit lebih aman dari gigitan nyamuk penyebab demam berdarah.

  1. Jaga lingkungan kamar tetap sejuk

Nyamuk sangat nyaman dengan kondisi lingkungan yang hangat atau panas. Agar kamar anda tidak menjadi sarang nyamuk, selain menggunakan kelambu atau obat nyamuk, anda juga bisa menciptakan kondisi kamar yang sejuk sehingga nyamuk tidak betah di kamar anda dan tidak mengigit anda. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here