Cegah Osteoporosis dengan Hidup Sehat dan Aktif

SehatFresh.com – Osteoporosis atau penyakit keropos tulang adalah salah satu penyakit yang menimpa tulang karena berkurangnya massa dan kepadatan tulang. Keberadaan tulang memegang peranan yang sangat penting bagi tubuh manusia, di mana tulang telah dianggap sebagai pondasi dari tubuh manusia. Untuk itulah sangat penting menjaga kesehatan organ tubuh tersebut agar nantinya tubuh dapat bergerak dengan bebas dan tetap aktif. Dapat dibayangkan bila penunjang tubuh ini rapuh, keropos dan mudah patah, akibatnya adalah rasa sakit pada tulang, gangguan untuk bergerak bahkan menyebabkan kelumpuhan dan cacat permanen.

Malnutrisi, gizi buruk, kurang aktifitas fisik, konsumsi obat tertentu, dan kondisi kesehatan lain juga dapat meningkatkan terjadinya osteoporosis. Kondisi kesehatan seperti kolesterol tinggi dan menopause termasuk meningkatkan risiko osteoporosis. Makan-makanan dengan gizi seimbang dan kaya kalsium dapat mencegah osteoporosis.

Lalu bagaimana cara pencegahan agar resiko osteoporosis dapat diminimalisir?

Dr. Nicholaas C. Budhiparama, SpOT(K), Ketua PEROSI mengatakan Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) dan Fonterra Brands Indonesia (FBI) mengungkapkan bahwa 34% orang Indonesia menganggap bergerak (move) sebagai melakukan kesibukan merka sehari- hari. Padahal dalam ilmu kesehatan, seorang dapat dikatakan bergerak secara aktif pada saat ia berolahraga secara rutin selam kurang lebih 30 menit perhari. Seseorang yang memiliki gaya hidup sibuk bukan berarti bergerak secara aktif karena dalam gaya hidup sibuk tersebut banyak dihabiskan untuk duduk statis”.

“Pencegahan dini osteoporosis dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan melakukan perubahan yang perlu dilakukan adalah aktivitas fisik atau olah raga secara teratur minimal 30 menit sehari, asupan gizi seimbang yang terkait dengan pembentukan tulang seperti kalsium dan vitamin D agar memiliki tulang yang kuat untuk masadepan yang lebih sehat”, tambah Ketua PEROSI tersebut.

Pecegahan dini osteoporosis juga dilakukan oleh seorang selebritis yang juga seorang istri dan ibu dari dua orang anak yaitu Dian Sastrowardoyo, mengatakan “Selama lima tahun terakhir saya menerapkan Gaya hidup sehat yang membuat tubuh lebih sehat dan fresh tanpa merasakan ngilu pada tulang persendian pasca melahirkan yang sering terjadi pada ibu rumah tangga yang telah mempunyai buah hati”.

“Gaya hidup sehat yang dilakukan adalah dengan olah raga secara rutin minimal 30 menit sehari, lari 7 KM setiap minggu bersama Comunitas Pertemanan Sehat, mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi, dan minum susu untuk memenuhi kalsium yang berperan pembentukan tulang. “Hindari makanan cepat saji, junkfood, dan makanan olahan pabrik,” tambah Dian yang juga Brand Ambasador susu ANLENE.

Ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk membiasakan diri untuk hidup sehat dan aktif juga dilakukan oleh salah satu perusahaan terkemuka dunia di bidang nutrisi susu sekaligus pemasok bahan baku berbasis susu yang bergerak di industri makanan yaitu Fontera Brands Indonesia (FBI) pada hari minggu, (10 /4/16) di area Gedung UOB Thamrin. Helmy Herman, Brand Manager ANLENE mengatakan “Kesadaran memulai hidup sehat biasanya menunggu orang lain mengingatkan kita”.

Hari ini kami akan menginspirasi dan memotivasi semua orang, teman, keluarga, komunitas, kota dan bangsa untuk bergerak secara aktif. “Hidup sehat dan aktif wajib dilengkapi dengan mengkonsusmsi nutrisi dengan pola makanan yang seimbang serta susu berkalsium tinggi untuk memelihara tulang yang kuat dan sehat hingga dapat menikmati hidup aktif hari ini dan masa depan,” pungkas Helmy.

Sahabat sehat bisa mulai membiasakan diri melakukan kegiatan diatas agar tulang yang kuat biasa dinikmati ketika lanjut usia. Seperti kata pepatah mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Sumber gambar : SehatFresh Media

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY