Cegah Penuaan Dini dengan Buah Anggur Merah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu ciri pertambahan usia adalah kulit. Beranjaknya usia bisa terlihat dari perubahan kulit yang memperlihatkan tanda-tanda penuaan, seperti kulit kering dan keriput. Sayangnya, tidak semua orang mengalami penuaan kulit sesuai usianya. Inilah yang dinamakan penuaan dini. Nah, anggur merah bisa menjadi solusinya.

Selama ini, buah anggur merah dikenal dengan rasanya yang manis karena dalam buah ini kaya akan kadar air dan gula. Tingginya gula alami yang ada pada anggur merah membuatnya mudah untuk dicerna dan cocok bagi anak-anak dan orangtua.

Di samping rasanya yang enak, buah yang satu ini juga kaya akan manfaat bagi kesehatan, seperti antioksidan. Antioksidan dalam anggur merah dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Kandungan polifenol aktif yang tinggi yang terdapat di dalam buah anggur memberikan antioksidan yang kuat untuk tubuh sehingga dapat melawan radikal bebas.

Beragam manfaat anggur merah lainnya untuk kesehatan di antaranya mengobati sembelit, gangguan pencernaan, ginjal, kelelahan, batuk, migrain, maag, dan mencegah katarak. Tak hanya itu, flavonoid yang ditemukan dalam jus anggur meningkatkan tingkat HDL (kolesterol baik). Hal ini untuk mencegah penyumbatan arteri dan masalah jantung.

Satu lagi manfaat anggur merah yang tidak boleh dilewatkan adalah mencegah penuaan dini. Proses penuaan dini bisa terjadi akibat kebiasaan tak sehat, seperti kurang tidur, berada di ruangan berpendingin udara terlalu lama, terpapar polusi udara sampai terkena radiasi matahari. Tak hanya itu, faktor psikologis juga menjadi pemicu penuaan dini, misalnya stres.

Untuk menghindari penuaan dini, tentu Anda bisa menghindari hal-hal di atas. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang bisa membantu kesehatan kulit. Salah satunya adalah anggur merah.

Mengapa anggur merah dapt mencegah penuaan dini? Anggur merah kaya akan kandungan resveratrol—senyawa kimia pada tumbuhan—dan antioksidan. Senyawa ini bagus untuk kesehatan dan bersifat anti-aging. Resveratrol adalah antiinflamasi, mengurangi kolesterol, melindungi jantung dan tubuh dari patogen, seperti jamur atau bakteri. Tambah pula, kandungan resveratrol yang ditemukan dalam jus anggur dapat mencegah pembentukan tumor dalam tubuh. Ini berarti bahwa anggur bisa mencegah kanker.

Hasil riset para ahli dari University of Wisconsin yang dipublikasi dalam jurnal PLoS ONE mengungkapkan, resveratrol menunjukkan potensi besar bagi perlindungan organ jantung terhadap proses penuaan. Tak hanya itu, anggur merah juga bisa menjadi solusi terhadap masalah yang terkait dengan penuaan, seperti penyakit Alzheimer.

Buah anggur merah merupakan buah yang memiliki kandungan gizi yang berlimpah sehingga buah ini berperan penting dalam kesehatan tubuh. Pola makan yang mengandung makanan alami atau organik berkontribusi banyak untuk kesehatan dan penyerapan nutrisi yang lebih baik serta antioksidan yang sangat penting bagi tubuh. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here