Cegah Penyakit Jantung Koroner yang Menyerang Remaja

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit jantung koroner (PJK) tak mengenal batasan usia. Siapa saja bisa mengidapnya, termasuk remaja. Nah, ada beberapa langkah pencegahan agar remaja bisa terhindar dari penyakit mematikan ini.

Penyakit jantung koroner terjadi ketika arteri-arteri koroner, yaitu pembuluh-pembuluh darah utama yang menyalurkan darah, oksigen, dan nutrisi ke jantung mengalami kerusakan atau gangguan akibat penyakit. Ketika terjadi penumpukan plak, arteri-arteri koroner penderita akan menyempit sehingga menyebabkan jantung mendapatkan pasokan darah yang lebih sedikit. Pada akhirnya, penurunan pasokan darah dapat menyebabkan timbulnya nyeri dada (angina), sesak napas, atau tanda dan gejala PJK lainnya. Sebuah sumbatan total dapat mengakibatkan serangan jantung.

Kalangan remaja tak bebas dari ancaman penyakit jantung koroner. Terlebih bagi mereka yang memiliki gaya hidup tak sehat. Gaya hidup biasanya didasarkan pada pola perilaku dalam jangka waktu lama. Pola-pola ini dibentuk pada masa kecil dan remaja oleh interaksi faktor lingkungan dan genetik.

Namun, beberapa langkah bisa dilakukan agar seorang remaja tidak rentan terkena penyakit ini. Langkah-langkah pencegahan tersebut adalah:

  • Terapkan pola makan sehat

Konsumsilah buah-buahan, sayuran, dan gandum yang rendah kandungan lemak jenuhnya. Makanan-makanan ini menyehatkan. Asam lemak omega-3 juga baik untuk dikonsumsi karena ia merupakan tipe asam lemak tidak jenuh yang diduga dapat mengurangi inflamasi di seluruh tubuh.

  • Berhenti merokok

Merokok adalah faktor risiko besar penyakit jantung koroner. Nikotin mempersempit pembuluh-pembuluh darah dan memaksa jantung Anda untuk berkerja lebih keras. Sementara itu, karbon monoksida menurunkan kadar oksigen di darah Anda dan merusak lapisan permukaaan pembuluh darah Anda.

  • Kontrol tekanan darah

Minta dokter untuk mengukur tekanan darah minimal setiap dua tahun. Dokter dapat merekomendasikan pengukuran lebih sering jika tekanan darah Anda lebih tinggi dari normal atau Anda memiliki sejarah penyakit jantung.

  • Periksa kolesterol

Minta dokter Anda juga untuk menguji kadar kolesterol dasar. Jika hasil tes Anda tidak berada dalam kisaran yang diinginkan, dokter dapat merekomendasikan pengukuran lebih sering.

  • Jaga kadar gula

Jika Anda memiliki diabetes, kontrol ketat kadar gula darah untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Mulai berolah raga

Olahraga membantu Anda memperoleh dan menjaga berat tubuh yang sehat dan mengendalikan diabetes, peningkatan kolesterol, dan tekanan darah tinggi—semua merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

  • Menjaga berat badan agar tetap ideal

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan kondisi yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

  • Tidur cukup dan berkualitas

Banyak yang tidak menyadari kalau tidur yang cukup dan berkualitas merupakan cara mencegah penyakit jantung koroner.

  • Mengelola stres

Kurangi stres sebanyak mungkin. Lakukan teknik kesehatan untuk mengelola stres, seperti relaksasi otot dan bernapas dalam. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY