Cegah Pingsan saat Upacara Bendera dengan Cara Ini

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap hari Senin, pelajar SD hingga SMA diwajibkan untuk mengikuti upacara bendera. Kegiatan ini bisa menjaga dan sekaligus menumbuhkan sikap nasionalisme. Tak sekadar seremonial, kesiapan fisik juga diperlukan agar para peserta didik dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik.

Terkadang, waktu yang lumayan lama, kesehatan yang kurang mendukung, dan cuaca panas membuat pelajar kelelahan hingga jatuh pingsan saat mengikuti upacara bendera. Selain itu, gejala yang disebabkan oleh sengatan panas dapat berupa lemah atau bingung, banyak berkeringat, mual, detak jantung gelap, dan urine berwarna gelap yang menunjukkan dehidrasi.

Nah, untuk mencegah anak sekolah jatuh pingsan, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan, yakni

  • Sarapan

Biasakan untuk sarapan sebelum memulai aktivitas agar terhindar dari kelelahan. Menurut hasil studi yang telah dilakukan oleh para ahli, sarapan bergizi bagi pelajar ternyata sangat bermanfaat. Melewatkan sarapan sebelum pergi ke sekolah bisa berpengaruh terhadap fisik dan psikologi, yang pada akhirnya akan menghambat proses dan hasil belajar anak-anak.

  • Cukupi kebutuhan cairan

Cukupi kebutuhan cairan sebelum mengikuti upacara bendera. Di samping itu, hindari mengonsumsi minuman berkafein, seperti teh, kopi, atau soda sebelum memulai aktivitas di luar ruangan. Cairan sekaligus larutan yang paling baik bagi tubuh adalah air putih.

  • Tingkatkan kadar gula dan garam

Tingkatkan kadar gula dan garam darah. Sederhananya, otak membutuhkan gula dan tubuh membutuhkan air. Untuk mencegah tubuh dan otak Anda berhenti bekerja, kadar garam dan gula perlu menjadi stabil. Kelihatannya sedikit berlawanan dengan insting bahwa tubuh manusia memerlukan garam untuk tetap terhidrasi, tetapi itu benar. Air pergi ke tempat di mana garam berada. Jika peserta upacara bendera tidak mempunyai atau sedikit garam dalam sistem tubuhnya, cairan tidak akan tetap berada dalam pembuluh darah mereka.

  • Hindari paparan sinar matahari

Jaga kesejukan tubuh. Alasan umum untuk pingsan adalah tubuh terlalu panas. Jadi, jika memungkinkan, carilah lokasi yang tidak terkena paparan matahari langsung saat upacara bendera berlangsung, misalnya di bawah pohon. Gunakan topi yang cukup lebar, pakaian longgar dan ringan serta tabir surya dengan minimal nilai SPF 15 bila tidak bisa menghindari paparan langsung sinar matahari.

  • Jaga sirkulasi darah

Tak ada salahnya untuk menggerakkan anggota tubuh beberapa saat sebelum upacara bendera dimulai. Gunanya untuk menjaga dan mempertahankan sirkulasi darah. Jika harus berdiri dalam jangka waktu lama, sesekali kontraksikan otot kaki untuk meningkatkan aliran darah kembali ke jantung dan otak.

  • Rileks

Badan dan pikiran yang rileks berguna untuk mengusir stres saat upacara bendera berlangsung. Apalagi, stres bisa bertambah tatkala menerima terpaan sinar mentari yang panas. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here