Cegah Varises saat Masa Kehamilan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Varises adalah pembengkakan pembuluh darah balik (pembuluh vena) yang berada di dekat permukaan kulit sehingga pembulih darah menjadi lebih menonjol dipermukaan kulit. Varises akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Varises pada kaki bisa disebabkan karena ibu hamil terlalu lama berdiri. Biasanya varises terjadi pada betisdan punggung kaki.

Menurut Halifax Jilian Coolen yang merupakan seorang ahli kebidanan mengatakan bahwa, varises bisa teimbul di area vulva ibu hamil. Vulva merupakan organ eksternal dari vagina yang melindungi lubang kencing. Untuk mencegah varises, Anda bis melakukan beberapa cara berikut:

  1. Hindari terlalu lama duduk atau berdiri

Bertahan pada posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama bisa menjadi faktorpenyebab varises.  Untuk itu, hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Saat duduk hindari melipat kaki agar aliran darah tetap lancar.

  1. Hindari menggunakan sepatu atau sandal yang memiliki hak

Selain alasan kenyamanan, menghindari sepatu atau sandal dengan posisi tumit yang tinggi juga bisa menjadi cara mencegah terjadinya varises. Penggunaan sendal atau sepatu yang memiliki hak akan membuat ibu hamil lebih cepat merasa pegal saat berdiri. Oleh karena itu, ibu hamil tidak dianjurkan untuk menggunakan alas kaki yang bertumit tinggi. Menggunakan sepatu atau sandal rata atau flat shose dipercaya lebih aman digunakan untuk para wanita hamil dan beguna mencegah ibu hamil mengalami varises.

  1. Meninggikan posisi kaki

Baik saat tidur atau duduk santai, sebaiknya para ibu hamil menggunakan bantal untuk menopang kaki dan membuat posisi kaki sedikit lebih tinggi dari tubuh. hal ini bertujuan untuk menjaga aliran darah tetap lancar. Dengan aliran darah yang lancar, risiko Anda terkena varises akan lebih kecil.

  1. Tidur menghapap ke kiri

Tidur dengan posisi miring adalah cara yang paling tepat untuk ibu hamil tidur. tidur dengan posisi menghadap ke kiri  dapat membantu para wanita hamil untuk mencegah varises. Karena tidur dengan menghadap ke kiri dapat meredakan tekanan darah di kaki. Tidur menghadap ke kiri juga berfungsi untuk mengalirkan kembali darah ke bagian kanan tubuh.

  1. Olahraga

Olahraga ringan yang dilakukan ketika masa kehamilan dapat memperlancar peredaran darah di dalam tubuh. Dengan begitu, olahraga bisa menjadi cara jitu untuk mencegah terjadinya varises. Durasi olahraga pada ibu hamil yang disarankan dan dianggap aman oleh para ahli adalah sekitar tiga puluh menit. Olahraga untuk ibu hamil bisa dengan yoga, jogging, senam hamil atau olahraga ringan lainnya.

  1. Kontrol berat badan

Berat badan yang berlebih saat masa kehamilan bisa menjadi salah satu faktor terjadinya varises. Untuk itu, tetap melakuka aktivitas fisik dan menjaga pola makan juga harus dilakukan agar kenaikan berat badan saat hamil tetap terkontrol.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here