Cegah Virus Corona dengan Memperkuat Daya Tahan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Virus corona telah menginfeksi ratusan ribu orang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, sudah lebih dari 4.000 orang positif terkena COVID-19. Memperkuat sistem pertahanan tubuh merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal penularan virus corona. Selain itu, sistem kekebalan tubuh yang kuat juga melindungi tubuh dari berbagai penyakit lainnya.

Virus corona dapat menyebar atau ditularkan melalui kontak langsung dengan percikan dahak dari orang yag terinfeksi baik melalui batuk maupun bersin dan jika menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus. Virus ini dapat bertahan selama beberapa jam di permukaan, tetapi desinfektan sederhana dapat membunuhnya.

Kenapa kita harus melakukan pencegahan agar tidak terkena COVID-19? Perlu diketahui, saat ini belum tersedia vaksin yang bisa mencegah virus corona atau COVID-19. Hal inilah yang membuat kementrian kesehatan Indonesia mengimbau agar masyarakat menjalankan prilaku hidup bersih dan sehat serta menjaga daya tahan tubuh.

ada berbagai cara yang bisa dilakukan sebagai pencegahan, diantaranya dengan makan sehat, istirahat cukup, olahraga, minum vitamin bila perlu, banyak minum air putih, rajin mencuci tangan, batuk pilek dengan etika yang benar, menggunakan masker jika sedang sakit, dan menjaga diri agar terhindar dari stres. Selain perilaku hidup bersih dan sehat perlu juga untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, bagaiamana caranya?

Pada dasarnya tubuh manusia memiliki sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Namun, sistem kekebalan tubuh juga dapat menurun karena berbagai faktor seperti penuaan, kurang gizi, penyakit dan ibat-obatan tertentu. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

  1. Mengonsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas. Selain itu, tubuh juga memerlukan asupan nutrisi yang cukup yang mengandung vitamin dan mineral. Perbanyak konsumsi daging tanpa lemak, biji-bijian, kacang-kacangan dan rempah-rempah yang membantu tubuh untuk melawan infeksi dan meredakan peradangan.

  1. Mengelola stres dengan baik

Stres yang berlebihan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Kadar hormon kortisol yang tinggi dapat mengganggu kerja sistem imun tubuh dalam melawan infeksi. Stres bisa dikendalikan dengan hal yang sederhana, misalnya dengan tidur cukup setiap harinya. Anda juga bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan agar tubuh dan pikiran menjadi rileks.

  1. Istirahat yang cukup

Kurang tidur dapat membuat sistem imun dalam tubuh menurun. Sehingga tubuh akan mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Tidur yang cukup dapat membuat tubuh lebih kuat melawan paparan virus corona. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7 hingga 8 jam setiap harinya, sedangkan anak-anak memerlukan waktu tidur 10 jam atau lebih.

  1. Berolahraga dengan rutin

Olahraga juga terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan peradangan. Namun, perlu anda ingat olahraga yang dilakukan secara teratur memiliki efek yang lebih bak terhadap sistem imun dibandingkan dnegan olahraga yang hanya dilakukan sesekali. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

  1. Mengonsumsi suplemen untuk menunjang daya tahan tubuh

Anda dapat mengonsumsi suplemen untuk menunjang daya tahan tubuh. kandungan dalam suplemen seperti vitamin C, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin E, Zinc dan sodium dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat sakit.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here