Cemilan atau Makanan Khas Bulan Ramadhan dari Daerah Betawi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti apakah menu makanan ideal anda ketika berbuka puasa? Atau makanan apa yang anda inginkan ketika bulan ramadhan tiba? Pasti masing-masing dari anda memiliki menu idealnya masing-masing juga karena setiap orang memiliki selera yang berbeda terhadap makanan. Ada yang suka makanan pedas, asin atau bahkan ada yang lebih suka makanan yang bercita rasa manis.

Ketika mendengar bulan ramadhan akan tiba, menu makanan yang terbesit pertama kali pada pikiran anda pasti kolak, es teh manis, kurma dan makanan jenis lainnya lagi.

Tetapi pernahkah dari anda mencoba makanan atau cemilan khas bulan ramadhan dari daerah betawi. Jika anda belum pernah, maka bulan ramadhan tahun ini anda dapat mencoba menu makanan atau cemilan bercita rasa betawi. Karena makanan dari betawi ini tidak kalah lezatnya dari makanan khas daerah lain.

Untuk mencicipi cemilan khas bulan ramadhan dari daerah betawi. Berikut rekomendasi beberapa makanan daerah betawi ketika bulan ramadhan yang dapat anda cicipi ketika sahur ataupun berbuka puasa:

  1. Es selendang mayang

Ketika mendengar salah satu jenis es yang ini yaitu es selendang mayang pasti anda langsung terbayang daerah dimana berasalnya ondel-ondel yaitu betawi. Es ini merupakan salah satu minuman tradisional asal betawi. Menu ini sering disajikan ketika lebaran. Namun saat ramdhan khususnya saat berbuka puasa anda dapat mendapatkan kesegaran dari es selendang mayang ini.

  1. Kue talam

Setelah minum yang segar-segar selanjutnya pasti ingin makan yang manis. Menu cemilan betawi yang memiliki rasa manis dan cocok untuk berpuka puasa ketika bulan ramadhan yaitu kue talam. Kue talam ini berbahan dasar dari tepung-tepungan seperti tepung beras, tepung singkong, tepung terigu dan tepung sagu.

  1. Dodol betawi

Dodol betawi ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu berwarna hitam kecoklatan dan rasa yang berbeda dari jenis dodol lainnya. Dodol betawi hanya tersedia dalam rasa ketan putih, ketan hitam dan juga durian. Dodol betawi ini biasanya dibuat khusus untuk pesta, idul fitri atau idul adha dan juga ketika bulan ramadhan tiba.

  1. Nasi kebuli

Saat anda ingin makanan berat atau makan malam setelah berbuka puasa. Anda bisa makan nasi kebuli dari betawi ini. Nasi kebuli ini salah satu hidangan betawi yang menunjukan adanya pengaruh budaya arab timur tengah dan India muslim karena nasi kebuli ini hampir mirip dengan nasi biryani. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here