Cemilan atau Makanan Khas Bulan Ramadhan dari Daerah Jawa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kuliner di bulan Ramadhan menjadi salah satu yang dinantikan masyarakat banyak. Berbagai macam cemilan atau makanan tradisional bermunculan sebagai hidangan pelengkap dalam berbuka puasa. Lantas apa saja cemilan atau makanan khas dari daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah yang biasanya populer di bulan Ramadhan?

  1. Kolak pisang dari Jawa Barat

Kolak adalah makanan tradisional dengan bahan racikan pisang, ubi jalar, gula aren, dan santan. Makanan ini umumnya akan semakin menjamur ketika datangnya bulan suci Ramadhan. Meski hampir di setiap daerah mengenal kolak, namun makanan yang satu ini konon berawal dari Jawa Barat. Kolak pisang selain ditemani ubi jalar juga biasanya ditambahkan kolang kaling hingga labu kuning.

  1. Kerupuk ojay atau kerupuk mie oncom dari Jawa Barat

Makanan tradisional ini sangat terkenal di tanah parahyangan. Kerupuk ojay akan semakin sering dijumpai ketika menginjak bulan Ramadhan. Dengan dilengkapi kuah sambal oncom, membuat rasa kerupuk ojay semakin enak di lidah. Cara memakan kerupuk kuning dengan diameter 10 hingga 15 cm ini bisa direndam atau dicelupkan dalam kuah pedas oncom, kemudian siap disantap.

  1. Cendol dari Jawa Barat

Cendol adalah minuman khas Jawa Barat yang biasanya banyak diburu untuk berbuka puasa ketika memasuki puasa Ramadhan. Cendol ini terbuat dari tepung beras. Kemudian disajikan dengan gula merah, santan, hingga serutan es batu.

  1. Dawet Ireng dari Jawa Tengah

Minuman dawet ireng sangat terkenal di Jawa Tengah, khususnya daerah Purworejo. Dawet ireng ini berbeda dengan dawet biasa yang berwarna hijau. Warna hitam pada dawet ini diperoleh dari abu jerami sebagai bahan alami. Namun soal rasa, dawet ireng ini tidak kalah nikmat dengan dawet biasa.

  1. Tahu petis dari Jawa Tengah

Makanan yang satu ini akan semakin naik pamornya ketika memasuki bulan suci Ramadhan. Tahu petis umumnya sebagai camilan tambahan ketika berbuka puasa. Makanan khas Semarang ini berbeda dengan tahu biasa, karena memiliki saus hitam yang bernama petis. Petis tersebut dibuat dari kuah rebusan udang atau ikan yang kemudian dimasak hingga kental.

  1. Tempe mendoan dari Jawa Tengah

Tempe mendoan biasanya akan menjadi salah satu lauk pelengkap di dalam menu hidangan ketika bulan suci Ramadhan. Makanan yang terkenal dari Banyumas dan Purwokerto tersebut, memiliki perbedaan dengan tempe biasa. Letak perbedaannya pada cara memasak yang menggunakan minyak panas dengan cepat, sehingga tempenya tidak terlalu matang.

  1. Rondo royal dari Jawa Tengah

Makanan tradisional ini akan semakin banyak dijumpai ketika memasuki bulan Ramadhan. Rondo royal terbuat dari tape singkong yang dimasukan ke adonan tepung, kemudian digoreng. Meski awalnya hanya populer di sekitar Jepara, namun rondo royal sekarang dapat dijumpai dimana-mana. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY