Cemilan Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika anak memasuki masa pertumbuhan, asupan makanan menjadi salah satu hal terpenting bagi anak. Tidak berlebihan jika akhirnya pakar gizi menyarankan agar setiap orangtua, memberikan asupan makanan bernutrisi tinggi guna memaksimalkan tumbuh kembang anak.

Makanan-makanan yang bernutrisi akan menghadirkan sisi positif bagi kesehatan anak, sekaligus menjadi penunjang perkembangan tubuhnya. Alhasil apabila si kecil kekurangan asupan gizi dalam tahap tumbuh kembang, maka bisa menyebabkan berbagai risiko dalam kehidupan jangka penjangnya.

Pemberian makanan yang sehat kepada anak harus menjadi fokus utama. Selain menghadirkan makanan pokok, orangtua juga bisa memberikan cemilan guna menunjang tumbuh kembang anak. Lantas bagaimana cara memilih cemilan yang sehat bagi anak?

Orangtua sebelum memberikan snack untuk dikonsumsi anak, ada baiknya disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi si kecil. Pilihlah cemilan yang memiliki kandungan lemak dan gula yang rendah. Hal tersebut karena cemilan yang rendah gula dapat mengurangi resiko anak terserang gangguan pada kesehatannya.

Alternatif cemilan yang bisa dihadirkan antara lain yang memiliki kandungan protein dan karbohidrat seperti roti gandum, kentang, jagung, atau biskuit. Sayur dan buah tetap menjadi menu utama, yang tidak boleh terlewatkan. Berikut ini beberapa menu cemilan yang cocok untuk tumbuh kembang si kecil.

Buah alpukat sebagai cemilan pendukung

Alpukat adalah salah satu buah yang kaya mineral, vitamin, dan omega-3. Kandungan nutrisi-nutrisi tersebut mampu mendukung kecerdasan si kecil, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuhnya. Kandungan serat pada alpukat juga bermanfaat dalam memperlancar saluran pencernaan. Di satu sisi vitamin E yang ada pada alpukat dapat menjaga kesehatan kulit.

Buah berry sebagai cemilan pendukung

Seperti yang diketahui jika buah-buahan dari kelompok berry, memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas. Buah-buahan yang dimaksud seperti blueberi, stroberi, cranberi, raspberi dan lain-lain. Dengan mengkonsumsi buah-buahan tersebut, si kecil dapat terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Ubi jalar sebagai cemilan pendukung

Ubi jalar cukup kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin C, B dan E. Ubi jalar juga memiliki kandungan serat, kalsium, zat besi dan karbohidrat yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Orangtua yang kreatif dapat mengolah ubi jalar menjadi cemilan ringan, yang bisa dinikmati anak setiap saat.

Oat sebagai cemilan pendukung

Oat yang memiliki kandungan serat tinggi ini, rupanya sangat cocok diberikan pada anak sebagai camilan. Oat cukup bermanfaat bagi tubuh, sekaligus mampu mencegah resiko munculnya berbagai penyakit berbahaya pada anak. Mengkonsumsi oat sebagai cemilan tambahan, bermanfaat dalam menunjang tumbuh kembang anak.

Produk olahan susu sebagai cemilan pendukung

Produk-produk olahan susu seperti biskuit, yoghurt atau keju adalah cemilan sehat yang cukup baik bagi si kecil. Produk olahan susu yang kaya akan kandungan nutrisi, tentu saja sangat baik jika dikonsumsi anak. Mengkonsumsi produk olahan susu juga dapat membantu dalam memperlancar pencernaan anak. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here