Cemilan Sehat untuk Wanita Karir

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat ini, banyak wanita yang memilih menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga. Namun, karena peran gandanya tersebut, tak sedikit wanita karir yang kurang mengurus dirinya sendiri. Terkadang, makanan siap saji yang cenderung tinggi lemak dan pengawet jadi pilihan karena kepraktisan. Tanpa disadari, kebiasaan makan serba praktis inilah yang memicu keinginan makan camilan kurang sehat, seperti gorengan, keripik, atau kue-kue manis. Sesekali memang tak masalah, tapi kalau jadi kebiasaan, sebaiknya segera dirubah.

Sebelum bekerja, sempatkanlah untuk menyiapkan bekal makan siang. Dengan menu sehat tentunya yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral. Selain itu, akan lebih baik pula bila Anda juga mempersiapkan camilan sehat di sela-sela waktu kerja. Menurut penelitian, camilan sehat dapat membantu menjaga fisik tetap berenergi dan pikiran tetap fokus. Apa saja camilan sehat itu?

  • Buah-buahan

Kandungan vitamin mineral dan buah-buahan tentunya sangat baik untuk memenuhi asupan gizi sehari-hari. Selain itu, buah juga kaya akan serat sehingga dapat mengurangi keinginan ngemil makanan tak sehat. Selain dimakan utuh, buah-buahan juga bisa dicampur dengan sayuran untuk dibuat jus agar kandungan gizinya makin lengkap.

  • Biskuit gandum

Biskuit gandum merupakan sumber serat. Kudapan ini dapat membuat tubuh berenergi kembali ketika stamina mulai menurun. Kandungan seratnya ini juga baik untuk pencernaan dan membantu dalam penurunan berat badan.

  • Telur rebus

Telur rebus lebih rendah lemak ketimbang telur goreng. Telur rebus merupakan makanan yang sarat akan kandungan protein. Karena protein memperlambat pencernaan karbohidrat, menjadikan telur rebus sebagai camilan dapat membuat Anda kenyang dan berenergi lebih lama. Selain itu, kandungan kolin di dalamnya juga baik untuk menjaga fungsi otak.

  • Kacang-kacangan

Selain telur, kacang-kacangan yang kaya protein juga merupakan camilan sehat. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung serat dan asam lemak omega-3 sehingga baik untuk mereka yang memiliki penyakit jantung. Jenis kacang yang bisa Anda konsumsi antara lain kacang tanah, almond, mete, dan kenari. Namun, karena kacang umumnya tinggi kalorinya, konsumsinya jangan sampai berlebihan.

  • Cokelat hitam

Makan cokelat merupakan cara enak dan praktis untuk meningkatkan mood. Tapi, pilihlah cokelat hitam dengan padatan kakao setidaknya 60%. Cokelat hitam (dark chocolate) merupakan sumber antioksidan yang baik untuk menangkal efek negatif radikal bebas. Meski memberi manfaat sehat, cokelat hitam tak baik dikonsumsi berlebihan. Karena kandungan kalorinya tinggi, para ahli nutrisi menyarankan agar tidak mengonsumsi cokelat hitam lebih dari satu ons per hari.

  • Yoghurt

Karena memiliki indeks glikemik rendah, yoghurt merupakan pilihan yang baik kala perut terasa lapar tapi waktu makan siang masih lama. Selain itu, yoghurt juga kaya akan kandungan kalsium untuk kesehatan tulang dan probiotik yang baik untuk pencernaan. Untuk manfaat sehat yang maksimal, pilihlah yoghurt rendah lemak. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here