Cermati Tanda Hubungan Pasangan Suami Istri yang Merenggang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap pasangan hampir bisa dipastikan mengalami tantangan dalam membina biduk rumah tangga. Tantangan ini bisa menguatkan atau sebaliknya menggoyahkan harmonisasi hubungan yang terjalin. Bila tidak teratasi dengan baik, bukan tak mungkin hubungan pasangan suami istri (pasutri) akan merenggang.

Hubungan pasutri yang merenggang bisa dilihat dari berbagai tanda, yakni:

  • Merasa pasangan tidak mengerti

Saling memahami dan mengerti adalah modal penting dalam hubungan suami istri. Namun jika Anda mulai merasakan bahwa pasangan tidak mengerti Anda, maka tanpa menunggu waktu lama, pertengkaran akan muncul. Hal ini bisa membuat Anda atau pasangan menjaga jarak, tidak tertarik untuk berhubungan seks, dan bahkan merasa bosan.

  • Tidak terbuka dengan pasangan

Keterbukaan menjadi kunci utama untuk menjaga hubungan pernikahan. Tandanya, segala hal yang Anda rasakan pada pasangan, entah positif ataupun negatif, perlu dibicarakan dan disampaikan. John Mayer, Ph.D, seorang psikolog klinis Doctor On Demand menyatakan, komunikasi yang kuat, jujur, dan terbuka menjadi salah satu cara penyelesaian masalah yang paling efektif dalam sebuah hubungan.

  • Menjauhkan diri secara emosional

Sewaktu salah satu pasangan mulai menjauh, Anda sedang mengalami lebih dari sekadar masalah biasa. Pasangan yang bahagia selalu saling merindukan dan ingin berada bersama di saat-saat yang penting dalam kehidupan mereka. Pada hakikatnya, menjauhkan diri secara emosional berarti memutuskan hubungan emosi dan penolakan terhadap pasangan.

  • Jarang berhubungan seks

Seks menjadi salah satu hal paling intim dalam pernikahan. Berhubungan seks memberikan banyak manfaat, baik secara fisik maupun secara emosional. Mulai dari memperkuat komitmen, mengurangi perasaan tidak aman, membuat tidur lebih nyenyak dan sebagainya. Jadi, berkurangnya aktivitas seksual dalam pernikahan bisa menjadi tanda penting bahwa keintiman Anda dan pasangan mulai berkurang.

  • Pertengkaran sengit sering terjadi

Memang, pertengkaran adalah hal yang hampir mustahil dihindari dalam membina hubungan rumah tangga. Biasanya, ketika seseorang sedang marah, maka ego yang dimilikinya akan semakin tinggi dan secara tidak sadar ingin segala sesuatunya didengarkan dan dituruti. Jika keduanya sama-sama kuat, maka pertengkaran akan semakin besar. Bila pertengkaran sengit terjadi berulang-ulang, hal ini menjadi bukti nyata bahwa hubungan Anda dalam kondisi mengkhawatirkan. Pertengkaran yang terjadi tidak bisa mempererat hubungan. Sebaliknya, pertengakaran demi pertengkaran makin merusak hubungan.

  • Perasaan dendam terhadap pasangan

Dari kedekatan emosional yang makin jauh, dapat muncul rasa benci. Dari rasa benci, dapat muncul rasa dendam. Perasaan dendam, misalnya, terwujud jika Anda sampai ingin agar pasangan Anda mengalami hal yang buruk atau Anda senang kesulitan telah menimpanya. Hal ini menandakan hubungan Anda dalam masalah besar. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here