Ciri Bayi Gemuk yang Perlu Diwaspadai

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada setiap ibu yang mempunyai anak bayi pasti ingin bayinya gemuk karena mereka menganggap jika bayi mereka gemuk pasti bayi tersebut sehat dan menggemaskan untuk di lihat. Tapi harus di perhatikan gemuk yang sehat itu seperti apa. Dan perlu anda ketahui bayi yang mengalami berat badan yang berlebihan itu tidak lah baik. Karena bayi tersebut dapat berpotensi mengalami obesitas dan para orang tua yang memiliki berat badan berlebihan sekitar 80% pasti berpotensi akan memiliki anak yang gemuk. Apa bila salah satu orang tua yang gemuk kemungkinannya akan memiliki anak yang menajadi sekitar 40%. Perlu anda ketahui gemuk tidak selalu di sebut sebagai obesitas.

Pada umumnya jika seorang anak mengalami kelebihan berat badan yang disebebkan oleh keturunan. Maka resiko obesitas pada anak akan lebih tinggi dialami anak dari orang tua tersebut. Selain dari faktor keturunan faktor yang akan berperan dan membahayakan obesitas anak yaitu pola makan sehari-hari. Pada anak yang mengalami obesitas pastinya tidak akan bingung dalam pola makannya, karena umumnya anak tersebut gemar untuk makan apa saja dan memiliki nafsu makan yang tinggi dan akan cepat lapar. Untuk orang tua yang tidak tepat memilih jenis makanan yang tidak baik akan meningkatkan resiko obesitas.

Ada beberapa makanan yang banyak mengandung kabohidrat dan lemak yang akan membahayakan dan ada pula seperti coklat dan permen atau minuman dan makanan yang mengandung gula, junk food, kue, coklat dan jenis makanan yang mengandung kacang kacangan dan keju yang berlebihan. Bagi orang tua yang memiliki anak dengan berat badan yang berlebihan hal ini perlu di waspadai dan disaran kan untuk mengetahui efek yang dapat berisiko untuk obesitas anak. Selain itu jika anak anda mengalami obesitas akan sulit juga untuk melakukan aktifitas dan proses pembelajarannya yang menimbulkan ank tersebut menjadi buruk.

Obesitas mempunyai berbagai macam ciri dan untuk memastikan anak anda obesitas atau tidak, sangat  perlu anda pantau berat badannya dengan melakukan suatu pemeriksaan setiap bulannya, meskipun begitu ada beberapa indikator yang dapat mengarah terhadap ciri-ciri bayi yang  terkena obesitas atau bayi gemuk yang tidak sehat seperti:

  1. Mengalami berat badan diatas rata-rata berat badan normal untuk usianya dan besarnya.
  2. Mengalami kenaikan berat badan secara bertahap setiap bulannya dan melampaui batas normalnya bayi tersebut.
  3. Dapat dicirikan dengan bagian tubuhnya yang terdapat lipatan-lipatan terutama pada bagian dagu yang sangat mencolok dan terlihat lebih jelas.
  4. Terlihat pada bagian pipi yang tampak tembem dan leher yang terlihat lebih pendek atau relatif tak terlihat oleh bagian dagu yang semakin melorot.
  5. Pada anak laki-laki terjadi pemebesaran payudara di bagian dadanya dan alat kelamin menjadi kecil karena jaringan lemak yang terdapat didaerah kelamin menumpuk dan menghambat perkembangan alat vitalnya.

Hal-hal di atas dapat anda cermati pada anak anak anda yang mengalami berat badan yang berlebihan karena kondisi ini akan memicu pertumbuhan dan perkembangannya yang berisiko buruk, pada usianya yang masih sangat kecil dan memerlukan pertumbuhan yang optimal tidak berlebihan. Semoga bermanfaat. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here