Ciri-ciri dan Cara Mengatasi Kulit Kering

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kulit kering adalah kondisi yang banyak dialami oleh kaum wanita, yang terjadi oleh beberapa penyebab dan jika anda mengalami kulit kering pasti akan merasa tidak nyaman dengan kondisi kulitnya tersebut. Kulit kering umum dapat terjadi karena kulit kekurangan cairan di lapisan  kulit bagian luar dan bagian tubuh yang terbuka akan mengakibat kulit mudah kering. Seperti pada bagian lengan, tangan dan kaki merupakan suatu area yang paling rentan mengalami kulit kering.

Dalam dunia medis, kulit yang kering biasa disebut dengan xerosis atau xeroderma. Dan kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja bukan hanya wanita tetapi pria pun bisa mengalaminya dan memang hal ini bergantung pada kondisi kesehatan, tempat tinggal, dan di ruangan terbuka, serta usiapun mempengaruhi hal ini. Berikut adalah ciri-ciri kulit kering yang dapat anda perhatikan :

  1. Pori- pori pada kulit anda yang hampir tidak terlihat
  2. Kulit anda terlihat kusam dan sangat kasar jika di raba
  3. Adanya bercak merah yang nampak pada kulit anda
  4. Elastisitas kulit anda juga berkurang
  5. Dan garis-garis halus pada wajah anda lebih terlihat secara jelas

Bila anda terpapar dengan faktor- foktor yang dapat mengeringkan kulit anda akan mengelupas, pecah-pecah dan terasa gatal, dan bisa juga menjadi iritasi atau mengalami peradangan. Jika kulit anda sangat kering, maka kulit anda akan menjadi kasar dan bersisik  terutama pada daerah punggung tangan, lengan dan kaki.

Cara mengatasi kulit kering

Jika kulit anda kering, cara sederhana yang dapat anda lakukan membutuhkan konsistensi dengan cara mengubah beberapa kebiasaan anda setiap hari. Salah satunya yang harus anda rubah ialah pada frekuensi dan durasi mandi anda. Jika anda mandi setiap hari, anda harus mandi sesuai kebutuhan jangan terlalu sering, usahakan waktu mandi anda untuk tidak lebih dari 10 menit dan tidak kurang dari 5 menit. Pastikan anda menggunakan sabun saat mandi yang mengandung pelembab untuk menjaga kesehatan kulit anda. Jika perlu sesudah mandi gunakan handuk untuk mengeringan tubuh anda yang basah dan jangan sesekali menggosok kulit dengan benda yang keras.

Hindari lah paparan langsung kulit anda dengan sinar matahari dalam waktu yang lama. Dan cukupi kebutuhan cairan tubuh anda sehari-hari dengan mengkonsumsi minum air putih sebanyak 2 sampai 3 liter sehari. Apa bila anda mengalami kulit kering yang disebabkan oleh inflamasi atau peradangan, contohnya eksim atau dermatitis disarankan anda untuk segera konsul pada dokter kulit terdekat. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here