Ciri-ciri dan Tanda Gejala yang Harus Dikenali Jika Keracunan Makanan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Keracunan dapat terjadi bukan hanya dari makanan tetapi juga dari zat kimia hingga keracunan gas. Perlunya pengetahuan mengenai gejala keracunan makanan juga sangat penting untuk dipelajari, agar masyarakat dapat lebih dini membantu memberikan pertolongan pertama dari gejala keracunan makanan.

Gejala yang dialami seseorang jika keracunan makanan akan berbeda-beda di setiap individu bergantung kepada

  1. Ketahanan atau daya tahan tubuh
  2. Jenis racun
  3. Jumlah racun yang termakan
  4. Umur

Gejala keracunan makanan diklasifikasikan menjadi gejala ringan dan berat. Pada keracunan makanan dengan gejala berat dan mendadak dapat berakibat fatal atau mematikan. Ciri-ciri keracunan makanan yang mudah dikenali yaitu terjadi dari sumber yang sama. Seperti bila sekelompok orang yang sedang makan bersama dengan makanan yang sama kemudian timbul sakit dan gejala yang sama secara serempak atau dengan waktu yang bersamaan.

Tanda dan gejala yang ditimbulkan jika seseorang keracunan makanan yaitu

  1. Sistem saraf

Tanda dan gejala yang biasa terjadi pada sistem saraf yaitu adanya rasa lemah, lesu, demam, kejang otot/kram perut, sakit kepala, kesemutan (parastesi) dan kelumpuhan (paralisis) otot pernapasan.

  1. Saluran cerna

Tanda dan gejala pada saluran cerna yaitu sakit perut, mual, muntah hingga dapat menyebabkan diare. Sering buang air besar, tinja cair dan mungkin disertai nanah atau mukus, dehidrasi.

Tanda dan gejala yang muncul akibat keracunan makanan umumnya timbul segera atau tidak melebihi 24 jam setelah menelan bahan-bahan beracun tersebut dan dapat berlangsung selama satu atau tiga hari tergantung pada jenis patogen penyebab keracunan, jenis racun dan tingkat kontaminasi yang terjadi.

Jika terdapat ciri, tanda dan gejala yang anda kenali seperti ulasan diatas, anda dapat segera menghubungi dokter atau layanan kesehatan terdekat agar dapat ditangani secara dini dan mendapatkan pertolongan pertama. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here