Ciri-ciri Ketidak Suburan atau Kehamilan Endometriosis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sebagai seorang wanita, memiliki keturunan dan menjadi seorang ibu adalah hal yang diharapkan oleh semua wanita diseluruh belahan dunia. Menjadi kebanggaan tersendiri setelah seorang wanita mampu menjadi seorang ibu. Hadirnya seorang anak juga melengkapi indahnya pasangan suami istri. Sayangnya, ada beberapa penyakit yang menjadi penghalang bagi seorang wanita yang ingin memiliki keturunan.

Pada artikel kali ini, penulis akan membagikan ciri-ciri endometriosis yang terjadi pada seorang wanita. Penyakit Endometriosis merupakan salah satu gangguan yang dialami oleh seorang wanita yang mengalami ketidak suburan. Penyakit ini terjadi pada dinding rahim seorang wanita atau endrometium yang membentuk sebuah gumpalan atau sarang kecil atau kista yang berada dalam otot Rahim.  Semakin lama, gumpalan ini akan menjadi tebal da berkembang dalam sel terlur atau ovarium.

Menurut penelitian, biasanya penyakit ini dialami oleh remaja. Tingkat resiko seorang wanita mengalami endrometriosis akan meningkat jika dalam silsilah keluarganya memiliki riwayat penyakit yang sama.

Sementara ini, peneliti belum mengetahui secara pasti apa penyebab dari penyaki ini. Namun, diduga pada darah menstruasi mengandung banyak sel endometriosis yang bukannya keluar dari tubuh, justru kembali lagi ke tubuh melalui tuba falopi yang berada di dalam rongga panggul wanita.

Sel inila yang akan menempel di dinding panggul selama menstruasi dan akan terus mengalami penebalan selama masa menstruasi berlangsung. Gejala yang paling sering dikeluhkan adalah timbulnya rasa sakit yang sangat hebat di sekitar panggul selama masa menstruasi. Meski pada umumnya wanita memang mengalami rasa sakit di sekitar panggul, tetapi penderita endometriosis akan mengalami sakit yang lebih hebat disbanding wanita yang tidak mengalami penyakit endometriosis ini.

Berikut ciri-ciri endometriosis yang harus Anda ketahui:

  • Muntah-muntah

Muntah memang menjadi hal yang sering dialami beberapa orang dengan alasan dan penyebab yang berbeda. Penderita endometriosis juga akan mengalami muntah-muntah sebagai gejala dari penyakit ini.

  • Sulit hamil

Sulitnya hamil menjadi salah satu gejala seorang penderita endometriosis. Mengonsumi makanan bergizi dan menjaga kesehatan menjadi sebuah keharusan untuk mempermudah memiliki momongan.

  • Nyeri di bagian panggul

Seperti yang telah di jelaskan di atas. Bahwa bagi penderita endometriosis, akan timbul rasa sakit yang hebat di bagian pinggul.

  • Nyeri di bagian bawah perut

Selain di bagian bawah pinggul, rasa sakit juga akan timbul di bagian bawah perut. Rasa sakit yang muncul diakibatkan oleh kram yang terjadi di bagian bawah perut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY