Ciri-ciri Penderita Katarak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Katarak, penyakit yang menyerang mata ini bertanggung jawab atas 48% kebutaan yang terjadi di dunia, mewakili 18 juta jiwa. Di Indonesia sendiri penderita katarak mencapai 210 ribu jiwa atau 0,1% dari populasi penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa setiap tahunnya. Angka sebesar itu menempatkan Indonesia menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara.

Katarak adalah suatu keadaan dimana lensa mata menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya. Variasinya pun banyak sesuai tingkatannya, mulai dari sedikit sampai keburaman total. Menurut perkembangannya, penyakit yang bayak menyerang orang berusia lanjut ini dapat menyebabkan pengerasan lensa, menderita miopi, mata menjadi berwarna kuning, coklat atau putih secara bertahap serta keburaman lensa dapat mengurangi pemahaman akan warna biru. Katarak biasanya dapat mengenai kedua mata namun hampir selalu satu mata terlebih dahulu yang terkena. Berlangsungnya katarak secara perlahan yang menyebabkan kehilangan penglihatan dan berpotensi mengakibatkan kebutaan jika sudah terlalu tebal.

Gejala katarak biasanya timbul sedikit demi sedikit. Katarak sendiri terbentuk dengan perlahan sehingga gejala yang ditimbulkan juga sedikit-sedikit sampai pada penglihatan penderita mulai menurun. Perlu diketahui apa saja ciri-ciri penyakit ini agar dapat segera diobati, berikut adalah ciri-cirinya:

  • Penglihatan menjadi silau. Pada tahap ini mata yang terkena katarak tidak tahan terhadap cahaya, baik cahaya lampu maupun cahaya matahari. Orang yang terkena katarak biasanya akan merasa sangat sakit bila terkena cahaya atau lampu.
  • Melihat cincin di sumber cahaya. Kondisi ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke bagian mata menghasilkan difraksi sehingga pantulan yang berasal dari cahaya menyerupai cincin pada bagian sumber cahaya.
  • Pandangan mata mulai kabur. Gejala yang muncul mirip dengan penderita mata minus. Awalnya penggunaan kacamata dapat mengurangi gejala ini, namun dalam waktu lama pandangan yang kabur ini tidak bisa ditolong lagi dengan bantuan kacamata.
  • Penglihatan mata menguning. Orang terkena ciri-ciri mata katarak akan merasa beberapa bayangan yang tertangkap lensa mata memiliki warna kuning. Hal ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke lensa menyebabkan semua warna tidak tertangkap dengan baik.
  • Gambar menjadi ganda. Semua orang yang terkena katarak akan melihat bahwa semua objek pandangan menjadi dua atau ganda. Kondisi difraksi yang terjadi pada bagian lensa menyebabkan pandangan mata tidak terlihat dalam ukuran dan bentuk yang sebenarnya. Pengujian ini bisa dilakukan dengan menutup salah satu mata secara bergantian. Kondisi yang tetap sama kemungkinan besar merupakan gejala awal katarak pada mata.
  • Terdapat lukisan/keruh atau berkabut pada mata. Awalnya ciri-ciri mata katarak akan terbentuk dalam ukuran yang sangat kecil. Saat itu biasanya pandangan mata akan sedikit kabur, jika dibiarkan akan mengakibatkan pandangan kabur serta terlihat awan pada mata dan gelap.
  • Terdapat lapisan kuning atau coklat. Gejala awal mata katarak akan terlihat lebih kuning atau coklat. Tidak bisa melihat secara jelas saat malam hari merupakan salah satu akibat dari adanya lapisan atau kuning pada mata.

Itulah ciri-ciri dari mata katarak, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY