Ciri-ciri Rubella pada Wanita

wordpress.com

SehatFresh.com – Penyakit yang lebih dikenal sebagai campak jerman ini memang cukup terkenal di masyarakat. Biasanya dikenal sebagai rubella, german measles, atau campak 3 hari. Memang tergolong penyakit yang ringan jika mengenai anak-anak. Namun cukup berbahaya untuk wanita yang sedang hamil. Bahkan sampai pada kematian sang bayi.

Virus ini menyerang kulit dan kelenjar getah bening. Biasanya ditandai dengan ruam yang khas berwarna merah serta adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening (inflamasi). Penderita rubella pada anak-anak cenderung mengalami gejala-gejala yang lebih ringan daripada penderita dewasa.

Campak jerman disebabkan oleh virus yang dapat ditularkan dari orang ke orang. virus rubella ini dapat menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, atau dapat menyebar melalui kontak langsung dengan sekret pernapasan orang yang terinfeksi, seperti lendir atau ingusnya. Berikut ini adalah ciri-ciri campak Jerman pada orang dewasa maupun wanita :

  • Demam (37.2-37.8°C) di hari pertama dan kedua setelah infeksi virus. Jangan abaikan demam yang diderita, sebaiknya segera mencari tahu penyakit yang sedang dirasakan.
  • Timbulnya pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar leher di bawah kuping.
  • Munculnya ruam kemerahan yang gatal (sekitar tiga hari) di wajah dan menyebar ke bawah.
  • Sakit kepala. Sering orang mengabaikan sakit kepala yang diderita, sebaiknya mulai saat ini jangan mengabaikan sakit yang diderita apalagi di bagian kepala. Ketahui lebih lanjut sakit apa yang diderita dengan gejala sakit kepala agar dapat penanganan lebih tepat dilakukan.
  • Hilang selera makan. Jika tiba-tiba selera makan mulai hilang, maka jangan dibiarkan begitu saja. Mulailah mencari tahu apa penyebabnya karena jika ternyata hal ini dikarenakan campak jerman, maka harus secepatnya mengobati penyakit tersebut agar tidak membahayakan kesehatan.
  • Konjungtivitis (radang garis mata dan bola mata).
  • Hidung berair (hidung meler). Hidung meler jangan hanya dianggap flu biasa, mulailah untuk mewaspadainya sebagai gejala campak jerman.
  • Sakit ketika menelan.
  • Sakit persendian.
  • Ketika rubella terjadi pada wanita hamil, dapat terjadi sindrom rubella bawaan, yang potensial menimbulkan kerusakan pada janin yang sedang tumbuh. Anak yang terkena rubella sebelum dilahirkan beresiko tinggi mengalami keterlambatan pertumbuhan, keterlambatan mental, kesalahan bentuk jantung dan mata, tuli, dan problematika hati, limpa dan sumsum tulang.

Rubella tidak membutuhkan penanganan medis khusus dari dokter. Penanganan dapat dilakukan di rumah dengan langkah-langkah sederhana. Tujuannya adalah untuk meringankan gejala dan bukan mempercepat penyembuhan rubella.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY