Ciri-ciri Sehat Jasmani pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Untuk Anda seorang pria, hanya dengan melihat dan merasakan apa yang ditunjukkan oleh tubuh, Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan fisik atau jasmani diri Anda sendiri. Untuk mengetahui sehat tidaknya Anda tidak harus selalu menjalani pemeriksaan kesehatan dengan bantuan tenaga medis. Anda juga dapat mengetahui indikasi awal dari kondisi kesehatan Anda. Berikut beberapa tanda yang mudah dikenali untuk melihat ciri-ciri sehat jasmani.

  1. Kuku berwarna merah muda
    Umumnya, kuku yang sehat berwarna merah muda, tegas dan halus. Kuku kuning tebal yang tumbuh perlahan-lahan dapat menunjukkan penyakit pernapasan seperti bronkitis kronis. Lekukan di kuku juga bisa jadi pertanda adanya potensi diabetes. Karenanya bila Anda melihat kuku tampak tidak sehat, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk memastikannya.
  2. 1 sendok makan air mani setiap ejakulasi
    Lelaki sehat juga ditunjukkan dari kualitas air maninya. Bila setiap kali ejakulasi ia mengeluarkan 2-5 ml (sekitar satu sendok makan), maka bisa dikatakan lelaki tersebut dalam kondisi sehat. Para ahli mengatakan, bila kurang dari 2 ml berarti ada indikasi hyperspermia, yaitu suatu kondisi yang dapat memengaruhi kesuburan lelaki. Selain volume, warna dan konsistensi seorang lelaki, air mani juga dapat memberikan petunjuk kesehatannya. Lelaki sehat memiliki air mani yang lengket dan berwarna putih atau abu-abu. Sementara air mani encer atau warnanya kemerahan pertanda adanya masalah kesehatan dan harus segera memeriksakan diri ke dokter.
  3. Detak jantung saat istirahat 70 bpm
    Resting heart rate (RHR) adalah jumlah detak jantung seseorang pada saat istirahat. RHR adalah indikator dari tingkat kebugaran Anda secara keseluruhan. Meski RHR seseorang bervariasi sesuai dengan usianya, untuk lelaki yang sehat rata-rata memiliki RHR antara 70-75 detak per menit (bpm). Bahkan, RHR antara 60-100 bpm umumnya juga masih dianggap normal untuk lelaki dewasa. Untuk mengukur denyut nadi Anda, cukup tempatkan dua jari pada sisi ibu jari pergelangan tangan Anda. Ketika Anda merasa denyut nadi, melihat jam tangan Anda dan menghitung jumlah denyut dalam 15 detik. Kalikan angka ini dengan empat untuk mendapatkan detak jantung per menit.
  4. Kulit elastis
    Kulit sehat adalah kulit yang elastis. Elastisitas kulit berkaitan erat dengan kelembapan. Inilah yang menjadi alasan mengapa elastisitas kulit digunakan untuk menilai derajat dehidrasi. Untuk menguji sehat tidaknya kulit Anda, cukup mencubit kulit di punggung tangan Anda. Bila kulit Anda elastis, akan segera kembali ke posisi semula setelah dicubit. Namun bila membutuhkan waktu untuk kembali ke posisi semula, itu berarti kulit Anda tidak sehat.
  5. Urin berwarna kuning muda
    Para pakar kesehatan mengatakan, bahwa warna urin yang sehat adalah kuning pucat atau kuning gelap. Namun, nuansa kuning pada urin normal juga bervariasi, tergantung pada seberapa banyak air yang Anda minum. Jika Anda minum banyak cairan, kemungkinan besar warna urin Anda akan semakin kuning terang. Secara medis, itu tidak menunjukkan masalah. Namun bila Anda dehidrasi, urin Anda akan berwarna kecokelatan seperti teh. Perubahan urin yang patut dicurigai bila mengeluarkan bau manis atau bau aneh, ada bercak merah, atau beberapa perubahan warna lain yang tampaknya tidak memiliki hubungan dengan obat, makanan atau suplemen yang baru saja Anda konsumsi. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here